7 Antivirus Gratis & Premium Untuk Windows Terbaik Di Tahun 2022

Hampir semua sistem operasi yang menggunakan Windows membutuhkan sebuah aplikasi antivirus terbaik.

Untuk menjaga PC bebas dari infeksi, antivirus bawaan Microsoft Defender mungkin sudah cukup. Tapi itu tak bisa menandingi fitur tambahan yang datang dengan software antivirus premium terbaik.

Seperti yang kita ketahui software keamanan premium atau freemium menyertakan VPN, pengelola kata sandi, atau perlindungan pencurian indentitas, semuanya lebih murah daripada jika kamu membeli setiap fitur sendiri.

Antivirus di Windows masing-masing brand berbagi “mesin” pendeteksi malware, tetapi fitur itulah yang membuat harganya berbeda.

Perusahaan antivirus mungkin menawarkan software gratis dan berbayar, sementara itu kelas menengah dilengkapi dengan fitur kontrol orang tua, dan produk kelas atas memiliki semua fitur yang kamu butuhkan.

Seperti biasa, dalam artikel ini kami akan merekomendasikan beberapa antivirus gratis maupun berbayar untuk Windows terbaik di tahun 2022. Bagi kamu yang penasaran langsung simak saja dibawah ini.

7. AVG AntiVirus (Versi Gratis)

AVG merupakan software pendeteksi malware yang layak, sekaligus memiliki dampak kinerja sistem yang jauh lebih ringan.

AVG AntiVirus Free juga memiliki fitur tambahan yang jauh lebih sedikit bermanfaat daripada Avast Free Antivirus. Sementara yang terakhir hampir merupakan suite keamanan gratis, AVG AntiVirus Free adalah software antivirus yang dapat menangani virus terkini.

Kabar baiknya adalah bahwa berbagai pilihan penyesuaian AVG dan penghancur file serta pengoptimal sistemnya masih tersedia, dan antarmukanya mudah digunakan.

Berita buruknya adalah seperti Avast Free Antivirus, AVG AntiVirus Free terus-menerus mengganggu penggunanya untuk meningkatkan ke software antivirus berbayar.

6. Avast Antivirus (Versi Gratis)

Avast Free Antivirus memiliki fitur terbaik dari semua program antivirus gratis, termasuk keamana browser, gaming mode, pemindai jaringan Wi-Fi, dan pelindung ransomware.

Baca juga:  7 Software Perekam Suara Untuk PC / Laptop Terbaik di Tahun 2022

Software ini juga sangat dapat disesuaikan, memungkinkan kamu mengubah tampilan dan fungsinya agar sesuai selera masing-masing. Bahkan menawarkan akses terbatas ke layanan VPN Avast.

Namun, Avast Free Antivirus menyebabkan beban sistem yang cukup berat dan scanning memakan waktu lama. Itu juga terus mengganggu karana akan ada pop-up muncuk untuk meningkatkan ke perlindungan antivirus berbayar Avast, dan memainkan bait-and-switch dengan fitur-fitur yang tampak seperti gratis tetapi tidak.

5. Kaspersky Security Cloud (Versi Gratis)

Kaspersky Security Cloud Free adalah software antivirus gratis terbaik yang pernah kami uji. Sayangnya, kami belum pernah melihat kombinasi perlindungan yang sangat baik dan fitur tambahan dalam aplikasi antivirus gratis.

Aplikasi ini memiliki antarmuka yang cerah dan dapat dipahami, banyak potensi penyesuaian, dan perlindungan malware Kaspersky yang tak terkalahkan. Program ini juga memungkinkan kamu menjadwalkan pemindaian, dan dampak kinerjanya sangat kecil sehingga PC kamu tidak akan keberatan.

Fitur tambahan Kaspersky yang berguna termasuk penghancur file, on screen keyboard, dan pemindai email. Namun, pengelola kata sandi dan layanan VPN cukup terbatas, kecuali kamu membeli versi premium.

4. Windows Defender (Gratis)

Antivirus bawaan Microsoft sekarang menjadi pemukul berat. Meskipun Windows Defender, alias Microsoft Defender Antivirus, tidak cukup mengalahkan Norton atau Kaspersky dalam uji lab perlindungan malware, ia lebih unggul dari Avast, AVG, dan sebagian besar produk antivirus gratis lainnya saat beroperasi hampir seluruhnya di belakang layar.

Kamu tidak akan mendapatkan banyak fitur tambahan dengan Windows Defender itu sendiri, namun Windows 10 memang memiliki kontrol orang tua, gaming mode, dan perlindungan untuk browser Edge dan Internet Explorer-nya sendiri.

Baca juga:  How to Uninstall Nvidia Drivers with Pictures

Meskipun tidak ada VPN bawaan, tetapi kamu juga tidak akan terganggu oleh pop-up yang mencoba menjual perangkat lunak antivirus berbayar kepadamu.

Adapun pengelola kata sandi, ada yang tersembunyi di dalam aplikasi Microsoft Authenticator untuk Android dan iOS yang disinkronkan dengan browser Edge, selama kamu masuk ke akun Microsoft di semua perangkat.

Kami tetap menyarankan untuk menggunakan Kaspersky Security Cloud Free, yang memiliki dampak sistem yang lebih kecil, perlindungan malware yang lebih baik, dan tambahan yang lebih berguna, tetapi sama sekali tidak ada yang salah dengan menggunakan Windows Defender sebagai solusi antivirus utama.

3. McAfee Internet Security (Premium)

Deteksi malware McAfee telah meningkat pesat dalam beberapa tahun terakhir, tetapi masih belum cukup top-of-the-line.

Meskipun demikian, McAfee AntiVirus Plus entry-level cukup murah, yakni $60 per tahun untuk membeli software hingga 10 perangkat, baik untuk Windows, macOS, iOS atau Android, dan software tersebut dilengkapi dengan penghancur file dan firewall dua arah.

Untuk mendapatkan kontrol orang tua atau salah satu pengelola kata sandi terbaik, kamu harus menggunakan McAfee Total Protection atau saudaranya McAfee LiveSafe, yang sudah diinstal sebelumnya.

Lisensi multi-device dari dua suite keamanan tersebut juga dilengkapi dengan layanan perlindungan identitas. Tetapi tidak ada produk McAfee yang memiliki perlindungan browser atau webcam yang aman, yang tersedia di antivirus premium lainnya.

2. Kaspersky Total Security (Premium)

Kaspersky memiliki skor deteksi malware yang sangat baik dan dampak kinerja sistem yang ringan hingga sedang, dua kriteria terpenting dalam penilaian kami.

Baca juga:  Transfer File dari Android ke Laptop Tanpa Kabel Tanpa Aplikasi ShareIt

Program entry-level, Kaspersky Anti-Virus, telah mendedikasikan perlindungan ransomware, keyboard virtual, dan portal akun online yang nyaman. Tapi itu dikalahkan oleh Bitdefender Antivirus Plus, yang memiliki lebih banyak fitur.

Kaspersky Internet Security menjadi pilihan utama kami di antara antivirus premium. Aplikasi ini memiliki fitur perlindungan anti pencurian untuk laptop, browser, perlindungan webcam, dan klien VPN penggunaan terbatas yang berfungsi saat kamu terhubung ke jaringan Wi-Fi publik.

Sementara, suite antivirus premium, Kaspersky Total Security menambahkan fitur software cadangan, kontrol orang tua, enkripsi file, penghancur file, dan pengelola kata sandi.

1. Norton 360 Deluxe (Premium)

Semua produk antivirus Norton menawarkan perlindungan malware yang sangat baik, dan beban kinerja sistem yang dulu sangat berat menjadi jauh lebih ringan. Jumlah fitur tambahan yang dimiliki setiap program berbeda-beda, tetapi sweet spot dalam jajarannya adalah Norton 360 Deluxe yang terbaik.

Ini termasuk pengelola kata sandi yang berfungsi di semua platform utama, layanan VPN, pemantauan data pribadi dark web, kontrol orang tua, dan ruang penyimpanan online hingga 50GB.

Dua penawaran lainnya, Norton 360 Premium dan Norton 360 Platinum, memberi kamu lebih banyak penyimpanan online dan memperluas cakupan antivirus dan VPN masing-masing ke 10 dan 20 device.

Jika kamu menginginkan perlindungan identitas penuh, Norton menawarkan tiga bundle dengan berbagai tingkat layanan LifeLock dan bahkan lebih banyak penyimpanan online.

Harga langganan antivirus ini cukup menguras kantong pelajar, tetapi masih lebih murah daripada jika kamu membeli perlindungan identitas, pengelola kata sandi, penyimpanan cadangan berbasis cloud, dan perangkat lunak antivirus secara terpisah.

Worker, this is your PCODE for proof: pw-084e5757d1bf6b9fb4a77a8b3fadf1bc79573986f9a73ce249794aaf97a30ad6

Artikel Terkait