Apa Bedanya HP Black Market dan Refurbish ?

Perbedaan ponsel refurbish dan black market sampai saat ini masih belum dipahami sepenuhnya oleh sebagian besar orang. Kebanyakan dari mereka menggap kedua istilah ini memiliki makna yang sama, padahal sangat jauh berbeda.

Beda HP Refurbish dan blackmarket
Ilustrasi Smartphone

Ketika pertama kali mendengar istilah Black Market dan Refurbish, hal pertama yang terlintas dipikiran kita adalah barang-barang yang dijual dengan harga sangat murah.

Berikut ini adalah ulasan singkat mengenai perbedaan ponsel refurbish dan blackmarket. Saya juga akan menyinggung sedikit mengenai apa itu ponsel ori dan ponsel Super Copy atau King Copy. Silahkan disimak baik-baik ya sobat.

Pengertian Handphone Black Market

HP Black Market adalah ponsel yang dijual secara ilegal. Hp tersebut masuk ke pasar Indonesia dengan cara diselundupkan melalui jalur tidak resmi. Karena melalui jalur ilegal, sehingga barang-barang ini tidak dikenai biaya pajak. Inilah alasan mengapa hp black market lebih murah jika dibandingkan hp resmi.

Pada umumnya, ponsel BM ( Black Market ) dijual dengan harga 20%-30% di bawah harga resminya.

Baca juga:  Cara Mengatasi Hp Android Sering Lemot Dan Cepat Panas Paling Ampuh

Kualitas hp black market tidak berbeda dengan handphone aslinya yang dijual secara resmi. Yang menjadi perbedaan disini adalah cara pemasarannya saja.

Walaupun HP Black Market pada umumnya adalah hp asli atau original. Namun tidak sedikit hp black market yang jenis Super Copy atau King Copy. Biasanya hp tersebut dijual 50% lebih murah dari harga aslinya.

Pengertian Handphone Refurbhised

Hp refurbhised adalah ponsel bekas yang sudah rusak dan diperbaiki kembali, agar terlihat seperti ponsel baru. Semua kerusakan yang dialami oleh hp second tersebut diperbaiki sedemikian rupa, sehingga bisa berfungsi lagi.

Hp refurbhised juga biasa disebut sebagai hp rekondisi. Hp refurbhised biasanya dijual dengan harga 50% lebih murah dari hp originalnya, bahkan ada yang lebih terjangkau lagi. Hp rekondisi yang saat ini banyak dijual dipasaran adalah iPhone.

Jadi, bagi kalian yang berencana membeli iPhone sebaiknya lebih hati-hati  saat memilih barang. Jangan tergiur dengan harga murah, karena itu bisa merugikan diri sendiri.

Kita tidak pernah tahu, apakah hp refurbhised itu benar-benar diperbaiki secara detail, atau hanya sekedar asal-asalan. Apakah sparepat yang digunakan itu original, atau barang KW. Kita juga tidak pernah tahu penyebab kerusakannya.  Bayangkan jika ia rusak karena jatuh dari gedung setinggi 10 meter?

Baca juga:  Mengatasi Baterai Hp Android Boros Gampang Drop

Perbedaan ponsel refurbish dan black market

HP refurbish: Handphone bekas yang sudah rusak dan diperbaiki lagi.

HP black market: Handphone original dan masih baru yang dijual secara ilegal.

Bahaya membeli HP Black market

  • Kaslian produk tidak pasti.
  • Tidak ada garansi resmi.
  • Ancaman di blokir.
  • Risiko mengalami kerusakan yang tinggi.

Pengertian Handphone Original

Handphone original adalah ponsel asli yang dibuat oleh pabrik smartphone. Misalnya saja Vivo, Advan, Xiaomi, dan lain sebagainya.

Pengertian Handphone Super Copy atau King Copy

Handphone Super Copy adalah Hp tiruan atau replika yang dibuat semirip mungkin dengan aslinya. Baik itu dari segi desain, ukuran, spesifikasi, dan bahan yang digunakan untuk membuatnya. Harga hp King Copy bisa 70% lebih murah dari harga aslinya, sehingga jangan heran apabila kualitasnya sangat buruk dan performanya hanya ala kadarnya.

Smartphone yang paling sering di copy adalah iPhone, Samsung Galaxy Note dan Samsung S series.

Baiklah, mungkin cukup sampai disini dulu ulasan saya mengenai perbedaan ponsel refurbish dan black market. Semoga ulasan ini bisa menambah pengetahuan baru bagi kalian, sehingga lebih selektif lagi ketika ingin membeli sebuah handphone.

Baca juga:  3 Cara Blokir Nomor HP Di Android dengan dan Tanpa Aplikasi

Artikel Terkait