Apa Perbedaan Garansi TAM, Distributor Dan SEIN ?

Perbedaan garansi TAM dan distributor pada ponsel Xiaomi yang beredar di Indonesia sampai sekarang ini masih menjadi kebingungan tersendiri bagi pengguna smartphone android tanah air.  Walaupun sama-sama garansi, ternyata keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

Beda TAM SEIN GARANSI DI PONSEL

Hp Xiaomi garansi distributor semakin diminati oleh pecinta gadget tanah air, karena menawarkan banyak sekali varian yang bisa dibeli, dan belum tersedia dalam versi TAM nya.

Selain kedua istilah diatas, ada juga yang disebut sebagai garansi SEIN. Tanpa panjang lebar lagi, langsung saja disimak ulasan singkat mengenai perbedaan antara TAM, SEIN dan Garansi Distributor berikut ini.

Beda antara Garansi Distributor TAM dan SEIN

  1. Garansi Distributor

Hp garansi distributor masuk ke Indonesia melalui importir umum, yang sudah mendapat izin resmi dari kementerian bersangkutan. HP yang bergaransi distributor juga biasa disebut sebagai barang Black Market atau BM.

Soal status barangnya, tetap produk asli dari vendor smartphone, bukan barang tiruan atau replika.

Untuk hp Xiaomi garansi distributor, sebenarnya handphone itu hanya diproduksi untuk dipasarkan di China saja. Namun ada pihak-pihak tertentu yang membawanya agar masuk ke pasar Indonesia.

Baca juga:  Apa Efek Menghapus Cache Android Berbahaya Atau Tidak?

Setelah berhasil masuk ke Indonesia, sayangnya tidak ada penyesuaian standar dengan yang berlaku di Indonesia. Baik itu dari komponen hardware ataupun softwarenya. Sehingga, menyebabkan beberapa fitur tidak bisa berfungsi secara maksimal.

Beberapa kelemahan hp Xiaomi garansi distributor:

  • ROM tidak stabil.
  • ROM tidak bisa di update dan tidak ada Google Play Store.
  • Jika mengalami kerusakan tidak bisa dibawa ke Service Center Xiaomi, melainkan harus membawa ke pedagangnya.

Sedangkan kelebihan dari hp garansi distributor adalah harganya lebih murah dan lebih banyak varian yang bisa dibeli. Misalnya saja Xiaomi Redmi 5A yang belum ada garansi resmi, namun sudah banyak toko online yang menawarkan Xiaomi Redmi 5A garansi distributor.

Garansi distributor Xiaomi yang bagus sebenarnya bisa didapatkan. Asalkan kalian membeli di toko yang sudah profesional dan berpengalaman saat menangani kerusakan software ataupun hardware. Banyak distributor Xioami Jakarta yang menawarkan pengalaman terbaik kepada konsumennya.

  1. Garansi TAM atau Resmi

Handphone garansi TAM adalah ponsel yang dijual langsung oleh distributor resmi di Indonesia, dari sebuah vendor smartphone. Garansi TAM menawarkan produk yang jauh lebih berkualitas dibandingkan garansi distributor. Beberapa distributor resmi Xiaomi di Indonesia adalah Erajaya dan Trikomsel.

Baca juga:  Apa Bedanya HP Black Market dan Refurbish ?

Kelebihan Hp Xiaomi Garansi Resmi atau TAM:

  • ROM stabil dan bisa di update.
  • Semua pengaturan sudah disesuaikan dengan standard Indonesia.
  • Jika mengalami kerusakan lebih mudah dalam memperbaikinya, karena Service Center TAM Xiaomi sudah tersedia di berbagai wilayah di Indonesia.

Kekurangan hp garansi TAM adalah harganya yang lebih mahal dan pilihannya lebih sedikit dibandingkan hp garansi distributor.

Cara cek garansi TAM Xiaomi:

  • Pertama-tama buka website resmi Xiaomi di buy.mi.com/id/registration.
  • Kemudian masukkan nomor IMEI ponsel kamu, yang bisa dilihat di dusbook atau cek *#06#.
  • Nantinya akan muncul tulisan Mandarin yang jika diterjemahkan menampilkan distributor yang memberi garansi hp Xiaomi milikmu.
  • Sebagai contoh, C3B-ID CMCU Edisi Erajaya Indonesia (1.4G 2G 16G Gold). Itu berarti distributornya adalah Erajaya.
  • Namun, jika sudah kamu cek tidak menampilkan nama distributor. Berarti garansi TAM hp Xiaomi kamu palsu.
  1. Garansi SEIN

SEIN adalah garansi resmi Samsung Indonesia. Sehingga, jika hp Samsung kalian mengalami kerusakan maka bisa dibawa ke Service Center Samsung terdekat. SEIN mungkin hanya berlaku di wilayah Indonesia saja, sedangkan di negara lain namanya mungkin berbeda.

Baca juga:  Mengatasi Baterai Hp Android Boros Gampang Drop

Perbedaan Samsung SEIN dan global adalah tempat dimana kamu bisa memperbaiki hp yang rusak. Jika SEIN hanya berlaku di Indonesia, sedangkan garansi global berlaku untuk Service Center Samsung di seluruh dunia.

Demikianlah ulasan singkat mengenai perbedaan TAM, SEIN, dan garansi distributor. Sekarang kalian sudah paham bukan? Kini giliran teman-temanmu juga mengetahui informasi penting ini. Silahkan bantu membagikan artikel ini ke sosial media kamu.

Leave a reply "Apa Perbedaan Garansi TAM, Distributor Dan SEIN ?"