Beli Pulsa Listrik dengan Aplikasi BNI SMS Banking

Bagi Nasabah BNI bertansaksi Online melalui SMS Banking menjadi alternatif dari beberapa metode transaksi seperti melalui aplikasi Mobile banking, via mesin ATM, Internet Banking maupun langsung datang ke kantor cabang terdekat.

proses beli pulsa listrik SMS banking BNI

Bahkan melalui metode SMS, Ponsel jadul dengan sistem Java atau Symbian juga bisa digunakan. Asal bisa berkirim SMS, tanpa smartphone android masih bisa dilakukan untuk membeli token listrik, transfer uang, membayar asuransi kesehatan dan lain sebagainya.

Namun yang menjadi kendala, banyak nasabah yang tidak hafal format SMS transaksi. Sedikit saja kesalahan mengetik perintah di SMS maka permintaan transaksi akan ditolak oleh sistem, belum lagi pulsa sudah kepotong untuk proses berkirim pesan.

Salah satu solusi paling mudah saat ingin membeli Pulsa listrik atau transaksi lainnya yaitu menggunakan aplikasi BNI SMS Banking. Dimana dengan antarmuka aplikasi, nantinya pengguna hanya perlu memilih menu transaksi yang diinginkan tanpa harus menghafal format penulisan perintah dan enaknya lagi tanpa menggunakan jaringan internet.

Baca juga Tips Banking berikut :

Baca juga:  Cara Menyimpan Bukti Transaksi Dari Aplikasi BNI Mobile

Jadi cara kerja aplikasi BNI SMS Banking yang bisa dijalankan pada smartphone berbasis Android atau iOS yaitu sebagai perantara ‘generated’ (Menciptakan) kode format otomatis yang nanti ditampilkan di aplikasi SMS ponsel.

Cara Membeli Pulsa Listrik via Aplikasi BNI SMS Banking

Pastikan dulu pulsa utama sudah terisi minimal Rp 2000 untuk proses berkirim pesan SMS nantinya. Simak langkah-langkahnya dibawah ini:

mENU BELI TOKEN LISTRIK VIA SMS BANKING
  1. Install aplikasi BNI SMS Banking di smartphone, Unduh aplikasinya di google play store.
  2. Setelah terpasang, Jalankan aplikasi dan masuk ke menu “Pembelian
  3. Di halaman pembelian, pilih menu “Token Listrik
  4. Masukkan kode ID Pelanggan atau Nomor meter listrik, lalu tekan tombol Proses.
  5. Aplikasi akan otomatis tertutup dan beralih ke antarmuka SMS, lengkap dengan isian format kode “TOP PLN ID_Pel/Nomor meter“, tekan tombol kirim.
  6. Akan tampil SMS balasan dari nomor BNI 3346 yang berisi informasi singkat cuplikan nama depan pemilik rekening listrik dan format untuk melanjutkan pembelian.
  7. Balas SMS dengan format “Nominal(spasi) 2 Digit PIN“, Dimana 2 angka PIN ATM yang harus diinput harus sesuai dengan perintah yang ada di SMS balasan karena sifatnya acak.
  8. Setelah terkirim, tunggu balasan lagi dari nomor 3346, Isinya nota transaksi yang didalamnya ada 16 angka kode token listrik.
Baca juga:  Mengatasi Trouble BNI Mobile Banking Gagal Proses Transfer

Untuk menghindari hilang atau terhapusnya SMS yang berisi kode stroom / Token yang baru saja dibeli, langsung saja input ke meteran listrik atau lakukan tangkapan layar untuk disimpan di galeri ponsel.

Adapun biaya administrasi BNI SMS banking yaitu Rp 3.000 (untuk saat ini) dan sudah tertera dalam nota pembelian.

Simak Video tutorialnya di bawah ini:

Kesimpulannya, Menggunakan antarmuka aplikasi BNI SMS banking menjadi mudah bagi beberapa nasabah, Namun bagi yang sudah hafal format transaksinya, tentu lebih cepat langsung mengetiknya di aplikasi SMS.

Demikianlah pembahasan cara membeli pulsa listrik via SMS Banking tanpa hasur menghafal kode / format transaksinya dengan menggunakan aplikasi.

Leave a reply "Beli Pulsa Listrik dengan Aplikasi BNI SMS Banking"