Cara Daftar Auto Debet Mandiri untuk Bayar BPJS via aplikasi JKN

Kemudahan transaksi perbankan saat ini bisa dimanfaatkan bagi peserta BPJS Kesehatan untuk membayar iuran bulanan secara otomatis atau Auto Debet. Dimana dengan fitur tersebut bisa meminimalisir terjadinya telat bayar atau menunggak pembayaran yang berakibat denda dan penangguhan layanan kesehatan.

mengaktifkan bayar otomatis BPJS dari rekening Mandiri

Sudah biasa kita dengar dari berita kalau peserta BPJS banyak yang menunggak membayar iuran bahkan sampai berbulan-bulan lamanya. Sebagai solusinya, pihak BPJS  sudah bekerjasama dengan beberapa Bank di Indonesia seperti BNI, Mandiri, BRI, BTN dan lainnya untuk menggunakan fitur Auto Debit untuk membayar iuran BPJS otomatis setiap bulannya.

Cara kerja sistem auto debit untuk bayar BPJS yaitu setelah melakukan aktivasi, maka otomatis setiap bulan saldo rekening di Bank akan berkurang sesuai nominal total pembayaran serta biaya admin. Umumnya proses pendebetan dilakukan setiap tanggal 5 atau 10 setiap bulannya sesuai ketentuan Bank masing-masing.

Adapun bagi anda yang memiliki rekening di Bank Mandiri dan ingin mengaktifkan proses pembayaran otomatis BPJS, bisa mendaftar auto debit dari menu uyang ada di aplikasi JKN mobile atau bisa langsung melalui aplikasi Mandiri Online.

Baca juga:  Cara Menyimpan Bukti Transaksi Dari Aplikasi BNI Mobile

Cara Pendaftaran Auto Debet BPJS Bank Mandiri

Di tutorial kali ini akan admin berikan contoh cara mendaftar auto debit BPJS bagi pemilik rekening Bank Mandiri melalui smartphone android dari aplikasi JKN Mobile, silahkan disimak langkah-langkahnya berikut ini.

menu aktivasi autodebet mandiri BPJS
  1. Pastikan sudah menginstall aplikasi JKN dan sudah mengaktifkan akunnya
  2. Buka aplikasi JKN Mobile dan login untuk membuka data kepesertaan BPJS anda
  3. Di halaman pertama geser ke kiri satu kali menu yang ada dan pilih opsi Pendaftaran Auto Debit
  4. Di pilihan Bank, pilih Bank Mandiri, Baca ketentuan dan persyaratan lalu tekan Setuju
  5. Akan tampil jumlah anggota atau peserta beserta jumlah total pembayaran tagihan perbulannya, Untuk melanjutkan tekan tombol Daftar Auto Debit
  6. Isi nomor rekening Bank Mandiri anda, Nama pemilik rekening dan nomor ponsel
  7. Setelah itu tekan lagi tombol Daftar Auto Debit dan tunggu SMS Verifikasi OTP dari nomor 3355 masuk ke smartphone anda
  8. Masukkan kode verifikasi yang tertera di SMS ke tampilan Verifikasi OTP di aplikasi JKN
  9. Setelah itu tekan tombol Verifikasi dan bila berhasil akan tampil halaman pemberitahuan kalau auto debit Bank Mandiri sudah berhasil didaftarkan
Baca juga:  Mengatasi Trouble BNI Mobile Banking Gagal Proses Transfer
Verivikasi SMS OTP autodebet BPJS rekening mandiri

Untuk memastikan apakah proses pendaftaran auto debet Bank mandiri untuk bayar BPJS berhasil atau tidak, tunggulah bulan depan apakah saldo rekening berkurang atau tidak.

Coba cek setelah tanggal 5 atau 10 di daftar mutasi rekening dari menu aplikasi mandiri mobile, bila ada proses pendebetan sesuai nominal iuran bulanan BPJS berarti pendaftaran berhasil dilakukan dan bulan-bulan selanjutnya sudah tidak perlu lagi melakukan setting aktivasi lagi.

Bila suatau waktu anda ingin beralih akun Bank, misalnya bayar auto debet BPJS dari Bank Mandiri menjadi ke Bank Lainnya bisa terlebih dahulu menonaktifkan auto debit, bisa melalui aplikasi Mandiri Mobile, ATM atau langsung ke kantor cabang bank terdekat.

Artikel Terkait