Cara Mengaktifkan Kunci Sidik Jari WhatsApp

No comment

Pada awal Bulan November 2019 ada perubahan fitur keamanan yang ditambahkan di aplikasi whatsApp, yaitu mengunci aplikasi dengan sidik jari. Jadi meskipun pemilik smartphone sudah mengaktifkan kunci layar, tetap saja untuk membuka WA harus memverifikasi kepemilikan dengan scan sidik jari di fingreprint ponsel.

Lock WhatsApp sidik jari

Walaupun sebagian besar smartphone keluaran terbaru saat ini sudah memiliki fitur keamanan sistem yang bisa mengunci setiap aplikasi dengan PIN atau fingerprint, umumnya permasalahan ada pada kemungkinan dibobol masih tinggi, karena masih ada pilihan opsi kedua saat proses scan sidik jari tidak bisa dilakukan maka ada opsi untuk membuka dengan memasukkan kode PIN.

Lain halnya saat kita menggunakan kunci aplikasi bawaan WhatsApp, hanya terdapat satu opsi saja untuk membukanya, yakni dengan scan sidik jari tanpa ada opsi lain untuk menggunakan kode PIN. ( Baca : Cara mengatasi Pesan WA lambat terkirim )

Sehingga diharapkan saat ada orang lain yang sudah tahu kode keamanan ponsel sebagai pengganti fingerprint, maka orang tersebut akan kesulitan membuka aplikasi WA disebabkan hanya ada satu pilihan masuk yakni via scan sidik jari tangan pemiliknya.

Baca juga:  Cara Menyembunyikan Status WA pada Kontak Tertentu

Lalu bagaimana Cara mengamankan whatsApp agar tidak mudah diakses orang lain menggunakan fitur terbaru dengan pengaman sidik jari ?, simak tutorialnya berikut ini.

1. Lakukan pembaruan aplikasi WA dengan verti terbaru, buka saja play store, lalu pilih menu di pojok atas, masuk ke pilihan ‘Aplikasi saya’ dan lakukan update.

2. Pastikan juga anda sudah mengaktifkan fitur fingerprint di sistem ponsel untuk membuka dan mengunci layar.

3. Langkah selanjutnya jalankan aplikasi WhatsApp, masuk ke menu Setelan yang letaknya di bagian pojok kanan atas sendiri.

kunci WA dengan sidik jari

4. Lanjutkan membuka opsi Akun >> Privasi >> Kunci Sidik Jari

5. Geser slider di pilihan ‘Buka kunci dengan sidik jari‘ untuk mengaktifkannya.

6. Akan muncul notifikasi untuk proses verifikasi, silahkan tempelkan sidik jari yang sudah dikenali sistem smartphone anda.

Setting kunci aplikasi WA

7. Bila verifikasi berhasil, akan muncul beberapa opsi pilihan waktu otomatis aplikasi terkunci yang bisa anda atur sesuai keinginan.

8. Anda juga bisa menonaktifkan opsi ‘tampilkan konten di notifikasi’ apabila tidak ingin muncul cuplikan pesan dan hanya menginginkan ikon pesan masuk saja.

Baca juga:  5 Cara Mengatasi Whatsapp Tidak Berbunyi Saat Pesan Masuk

Simak tutorial : Cara mengatasi Gagal Kirim Foto dan Video di WhatsApp.

Setelah melakukan settingan seperti diatas dan anda sebelumnya memilih opsi penguncian ‘Segera’, maka coba tutup aplikasi WA lalu buka kembali. Bila muncul halaman verifikasi sidik jari, berarti pengaturan sudah benar.

Selamat mencoba dan mempraktekkan langkah-langkah diatas untuk mengamankan WhatsApp sobat dengan fitur terbaru kunci sidik jari di dalam aplikasi, semoga bermanfaat.