Cara Mengatasi Baterai HP Android Lama penuh saat di Cas

Sebagai sumber daya utama untuk perangkat smartphone, Baterai merupakan komponen penting yang harus diperhatikan penggunaanya supaya ponsel tetap bekerja optimal. Permasalahan yang timbul karena menurunnya kinerja baterai bisa berdampak pada hardware maupun software ponsel.

mengatasi baterai hp tidak cepat full saat dicas

Di dalam baterai sendiri terdapat beberapa bagian cell yang dapat menyimpan tegangan dengan batasan tertentu. Adapun tegangan baterai pada ponsel umumnya yaitu 3,7 Volt meskipun besarnya Ampere dan daya yang dikeluarkan berbeda satu dengan lainnya.

Supaya baterai ponsel awet dan tahan lama, maka perlu dilakukan perawatan dan perlakuan khusus. karena berkaitan dengan tegangan dan arus listrik yang nantinya memberi suplai ke beberapa komponen ponsel.

Di kesempatan ini, admin akan membahas persoalan baterai smartphone android, apapun itu merek ponselnya, yang mengalami error saat pengisian daya. Seperti masalah baterai lama full ketika di Cas, cepat penuh tapi juga cepat habis saat dipakai dan beberapa masalah lainnya.

Penyebab dan solusi Baterai HP bermasalah

Selain lama waktu penggunaan, penurunan kualitas dan kinerja baterai smartphone juga dipengaruhi beberapa hal. Jadi tidak heran bila ada ponsel baru beli namun cepat drop baterainya, sedangkan punya teman dengan tipe yang sama masih awet.

Adapun beberapa penyebab baterai HP sering bermasalah seperti lama terisi penuh, cepat drop, baterai melembung dan selainnya beserta solusinya, bisa sobat simak pembahasannya di bawah ini.

Daya Adaptor charger terlalu tinggi

Saat baterai di charge, ada proses kimia di dalamnya. Tegangan serta nilai Ampere yang sesuai dengan produk baterai yang direkomendasikan pabrikan tentu sudah melalui beberapa percobaan, sehingga membua baterai ponsel awet dan lama masa pakainya.

Baca juga:  Tips OPPO A3s Cara Mengunci Aplikasi dengan Sensor Wajah

Sebaliknya, bila ampere charger lebih besar dari yang direkomendasikan bisa menimbulkan beberapa masalah lain seperti cell didalamnya cepat rusak, Baterai berubah bentuk atau melembung, dicas cepat penuh tapi juga cepat habis saat dipakai sebentar, Panas diluar suhu maksimal yang ditoleransi dan lainnya.

Meskipun kita bisa menggunakan cas yang ampere-nya lebih besar dalam keadaan darurat dan juga untuk mempercepat pengisian daya, namun jangan terlampau sering melakukannya.

Kabel charger tidak berkualitas

Meskipun adaptor charger normal, namun bila kabel penghantarnya tidak bagus juga berdampak pada lamanya pengisian baterai.

Beberapa kesalahan penggunaan kabel charger diantaranya sering menekuknya, menggulung dengan gulungan kecil saat menyimpannya dan sering menarik kabel tanpa memegang konektornya ketika melepas pengisian.

Jadi pastikan memakai kabel bawaan adaptor charger ponsel. Bila terpaksa beli baru, pilih kabel yang kualitasnya bagus dari merek kenamaan atau keluaran pabrikan yang sesuai dengan tipe ponsel sobat.

Mengisi daya saat suhu Baterai Panas

Setiap produk baterai memiliki batas toleransi suhu maksimum dan minimum. Sebenarnya panas yang dihasilkan saat proses charging ponsel termasuk normal.

Begitu pula saat ingin mengisi ulang, saat baterai masih kondisi panas setelah pemakaian terus menerus atau terpapar sinar matahari maka disarankan untuk menunggu suhunya turun.

Baca juga:  Melacak Posisi Orang Dengan Nomor HP yang Akurat dan Presisi

Mengisi baterai saat ponsel masih panas akan mempercepat kerusakan pada sel baterai dan juga komponen di dalam smartphone.

Banyak Aplikasi terbuka

Selain disebabkan charger dan suhu, banyaknya aplikasi yang masih berjalan di balik layar dan tidak ditutup sempurna akan menyebabkan konsumsi daya baterai cepat terkuras.

Banyak yang tidak menyadari bahwa menekan tombol Home untuk menutup aplikasi hanya menyembunyikan tampilannya di balik layar. Meski ada beberapa aplikasi tertentu yang close otomatis ketika tombol home ditekan.

Pastikan setelah selesai membuka aplikasi dan ingin menjalankan yang lainnya sering-seringlah menutup semua aplikasi. Pada umumnya cara menutup semua aplikasi yang berjalan di HP android hanya dengan menekan tombol recent app lalu pilih tanda silang.

Software ponsel bermasalah

Persentase baterai yang tampil di layar tidak sesuai atau terkadang menunjukkan sudah full seratus persen namun adaptor masih tetap hangat dan begitu pula ponsel yang menandakan ada daya yang mengalir, bisa jadi sistem pembacaan yang bermasalah.

Masalah sistem smartphone bisa diatasi dengan mencoba mereset ulang ke pengaturan pabrik atau melakukan recovery reset.

Kalibrasi Baterai

Meng-kalibrasi baterai HP berguna untuk menyelaraskan pembacaan di layar dengan proses pengisian. Tidak hanya itu, melakukan kalibrasi bisa membuat cell-cell baterai kembali bekerja secara optimal.

Baca juga:  Cara Melihat dan Unduh Sertifikat Vaksin dari situs PeduliLindungi

Jadi jangan terburu-buru membeli baterai baru, cobalah untuk kalibrasi dahulu menggunakan bantuan aplikasi pengkalibrasi baterai seperti Easy Battery Callibration, Power Battery app, Avira Optimizer App dan selainnya maupun secara manual.

Adapun cara manual kalibrasi baterai HP yaitu:

  1. Kosongkan isi baterai. Caranya gunakan terus sampai ponsel mati dengan sendirinya.
  2. Jangan nyalakan dulu, lalu isi baterai sampai full 100 persen
  3. Nyalakan dan gunakan lagi sampai HP mati sendiri
  4. Cas lagi sampai full dalam keadaan Off
  5. Ulangi sampai 3 kali berturut-turut

Perlu diingat, saat kalibrasi ponsel pada waktu ingin mengisi daya pastikan baterai sudah dingin.

Baterai HP Rusak

Bila charger HP berfungsi baik, kabel juga bagus, tidak banyak aplikasi yang terbuka dan kalibrasi sudah dilakukan namun baterai HP masih saja lambat penuh saat diisi atau malah sering drop, Maka tidak ada solusi lain kecuali harus menggantinya.

Agar tidak salah memilih baterai HP yang awet dan bagus, pastikan memilih yang original dari produk bawaan tipe ponsel.

Bila budget tidak mencukupi dan ingin harga baterai lebih murah tapi minta yang awet, setidaknya cari dulu informasi tipe baterai di beberapa komunitas pengguna smartphone dan tanya pengalaman memakai merek baterai tipe tertentu.

Jadi jangan terpatok harga murah namun sebentar saja rusak dan harus beli lagi sehingga mengeluarkan duit yang lebih besar dari harga baterai orisinil.

mengatasi baterai hp tidak cepat full saat dicas
Next Post

No more post

Artikel Terkait