Cara Mengatasi Hp Android Sering Lemot Dan Cepat Panas Paling Ampuh

Mengatasi hp android sering lemot dan cepat panas haruslah segera dilakukan, karena jika dibiarkan terus menerus bisa membahayakan komponen hardware smartphone kamu. Hal ini bisa saja terjadi apabila panas yang dialami oleh hp android berlebih dan dalam waktu yang lama.

Andrid lemot dan panas banget

Penyebab HP cepat panas pada umumnya adalah beban kerja yang berlebihan. Misalnya saja dipakai untuk bermain game online. Saat itu smartphone android harus bekerja ektra, mulai dari menjalankan game sampai mencari sinyal agar game online bisa berjalan dengan lancar.

Lantas, bagaimana sih cara paling efektif untuk mengatasi hp android sering lemot dan cepat panas? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

  1. Jangan membuka banyak aplikasi sekaligus
Banyak aplikasi bikin lemot android

Langkah pertama yang harus kamu lakukan agar hp android tidak lemot adalah hindari multitasking. Alangkah baiknya, kalian membuka aplikasi satu per satu sesuai kebutuhan. Misalnya kamu ingin bermain game, maka tutuplah semua aplikasi chatting dan sosmed. Seperti Facebook, WhatsApp, Intagram, dan lain-lain.

Penting untuk diketahui, semakin banyak aplikasi yang berjalan di background, maka kinerja prosesor juga lebih keras dan kapasitas RAM lebih sesak. Inilah yang menyebabkan hp android tiba-tiba lemot saat digunakan.

Baca juga:  Cara Format Memori di HP Vivo dengan Benar dan Aman

Kondisi ini tentu berbeda jika kita hanya membuka satu aplikasi saja. Prosesor bekerja lebih ringan karena fokus mengerjakan satu tugas dan membuat RAM lebih lega.

Jangan lupa untuk menonaktifkan semua koneksi yang tidak dibutuhkan seperti GPS, Bluetooth, WiFi, dan lain sebagainya.

  1. Lebih baik gunakan WiFi

Daripada harus menggunakan data, sebaiknya kalian memakai koneksi WiFi saja untuk internetan. Hal ini bertujuan untuk membuat kinerja hp android menjadi lebih ringan.

Ketika kalian mengaktifkan data internet, maka saat itu juga hp android terus menerus bekerja demi mendapatkan sinyal. Beban kerjanya semakin meningkat, apabila kondisi sinyal saat itu sedang buruk.

Kalau sudah begini jangan heran jika smartphone android kamu mudah sekali panas. Pada akhirnya, kondisi ini menyebabkan hp lemot saat internet.

Sementara itu, kalau kamu menggunakan WiFi maka kinerja smarphone menjadi lebih ringan. Hp android tidak perlu kerja keras mencari sinyal, ia tinggal menerima sinyal yang dipancarkan oleh WiFi.

Selain membuat smartphone tidak mudah panas, cara ini juga efektif membuat baterai hp android lebih awet.

  1. Hapus cache dan data-data tidak penting
Baca juga:  Menghilangkan Iklan Mengganggu di HP Android Caranya Mudah Lho!

Setiap aplikasi dan game yang diinstall di hp android dari waktu ke waktu terus menambah cache. Ukuran cache yang terus bertambah tentu saja akan membuat memori internal cepat penuh. Jika memori internal di hp android sudah hampir penuh, biasanya ia akan mempengaruhi kinerja dan membuatnya lemot.

Delete cache android

Oleh karena itu, jika kapasitas memori internal di hp android kamu terbatas, sebaiknya rutin menghapus cache. Kamu bisa membaca postingan saya sebelumnya mengenai untung dan rugi menghapus cache hp android.

Selain cache, kamu juga dituntut agar rutin menghapus semua aplikasi atau data-data yang tidak penting. Sebaiknya sisakan 20% dari total kapasitas memori internal, supaya kinerja hp android tetap maksimal dan tidak lemot.

  1. Reboot hp android

Reboot adalah solusi paling efektif ketika hp android kamu tiba-tiba saja hang atau lemot. Dengan melakukan restart ulang atau reboot, hal ini akan membuat hp android kamu menjadi lebih fresh.

Jika hp android terasa panas, jangan paksa ia untuk terus-terusan dipakai. Sebaiknya kamu mengistirahatkan ia sejenak dan mematikannya. Begitu suhunya sudah kembali normal, kamu bisa mengaktifkannya kembali.

Baca juga:  Cara Menghubungkan SHAREit Dari Hp Android Ke Laptop

Smartphone itu sama seperti manusia, ia juga adakalanya merasa lelah dan membutuhkan waktu untuk istirahat sejenak.

  1. Factory reset

Factory reset adalah langkah terakhir yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi hp android sering lemot dan cepat panas. Factory reset dilakukan untuk menghapus sisa-sisa file yang sebelumnya sudah kamu hapus, sehingga tidak menumpuk menjadi sampah dan membuat memori internal terasa sesak.

Sebagian pengguna smartphone sering mengajukan pertanyaan, adakah aplikasi untuk mengatasi HP agar tidak lemot? Tentu saja ada. Di Google Play Store kalian bisa menemukan berbagai macam aplikasi penghapus file sampah, salah satunya adalah Ccleaner.

Ccleaner berfungsi untuk menghabus konten clipboard, riwayat browser, folder unduhan, dan cache aplikasi supaya hp androidmu kembali berjalan cepat dan tidak lemot lagi.

Demikianlah ulasan singkat mengenai 5 cara mengatasi hp android sering lemot dan cepat panas. Semoga ulasan ini bisa bermanfaat bagi kalian semua. Bagikan juga ke teman-teman kamu agar mereka tidak dibuat pusing lagi dengan masalah hp android yang mudah panas dan lemot.