Cara Mengatasi Jaringan 4G Android Lemot dan Putus Nyambung

Jaringan 4G LTE adalah standard untuk bisa mengakses internet dengan cepat dan nyaman. Hp android keluaran terbaru sekarang ini juga sudah banyak yang dibekali teknologi 4G LTE. Namun sayangnya, jaringan 4G seringkali terasa lemot dan putus nyambung. Permasalahan yang menjengkelkan ini menghantui pengguna android merek apapun, baik itu Xiaomi, Oppo, Samsung, dan Vivo.

4G android lemot sering putus

Apakah kamu salah satu korbannya? Jika iya, maka tidak perlu khawatir. Karena pada postingan kali ini saya akan mengulas sedikit cara mengatasi jaringan 4G android yang lemot dan putus nyambung.

Sehingga, kalian bisa puas internetan dengan bermodalkan jaringan 4G LTE di hp android. Simak baik-baik informasi berikut ya sob.

Tip Mengatasi Jaringan 4G Android Lemot dan Putus Nyambung

  1. Nonaktifkan fitur batas penggunaan data seluler

Apakah kamu pernah mengalami permasalahan jaringan 4G hp Vivo terasa lemot? Jika pernah, mungkin saja ini menjadi penyebabnya. Sobat mengaktifkan fitur Over Limit atau batas penggunaan data seluler. Fitur ini juga bisa menjadi salah satu penyebab koneksi jaringan putus-putus.

Baca juga:  3 Cara Blokir Nomor HP Di Android dengan dan Tanpa Aplikasi

Ketika fitur ini diaktifkan, maka jangan heran apabila setelah penggunaan kuotas sudah melebihi batas, dipakai browsing terasa lemot dan streaming video di YouTube putus putus.

Untuk segera mengatasinya, silahkan sobat matikan/nonaktifkan fitur Over Limit ini. Masuk ke menu Setting – pilih Data Usage – opsi Set mobile data limit  jangan di centang . Jika fitur ini belum muncul, coba aktifkan dulu data ponsel kamu.

  • Tutup semua aplikasi yang berjalan di latar belakang

Tahukah kamu, ternyata banyaknya aplikasi yang diinstall di hp android juga bisa menjadi penyebab koneksi internet sering terputus. Khususnya aplikasi online shop dan sosial media. Tanpa disadari, aplikasi ini terus-terusan memakai kuota internet sobat walaupun sedang tidak digunakan.

Misalnya aplikasi Line, Facebook, BBM, Instagram Bukalapak, Lazada, WhatsApp dan lain sebagainya.

Nah, agar jaringan 4G LTE sobat tidak lemot dan semakin lancar maka jangan terlalu banyak menginstall jenis aplikasi seperti ini. Lantas, bagaimana kalau sudah terlanjur dipasang di hp android?

Baca juga:  Mengatasi Play Store Gagal Download Aplikasi dan Update

Berikut cara mengatasinya:

  • Masuk ke menu Settings.
  • Pilih opsi Application.
  • Pilih Aplikasi yang ingin dihentikan, klik tombol Force Stop.

Sebaiknya sobat mematikan semua aplikasi yang sedang tidak digunakan, khususnya aplikasi-aplikasi yang mengonsumsi kuota internet dalam jumlah besar. Seperti aplikasi sosial media dan online shop.

Ketika sudah tidak ada lagi aplikasi penyedot kuota internet yang berjalan dibackground,  bisa dipastikan langkah ini cukup ampuh untuk mengatasi jaringan 4G lemot dan putus nyambung.

  • Install aplikasi penguat sinyal

Langkah selanjutnya yang harus kalian coba adalah menggunakan aplikasi penguat sinyal. Ada banyak sekali aplikasi penguat sinyal terbaik yang bisa sobat unduh di Google Play Store. Seperti Network Signal Booster 2015, Internet Booster & Optimizer, Connection Stabilizert Booster dan lain-lain.

Aplikasi-aplikasi tersebut berfungsi untuk memperkuat jaringan 4G di hp android sobat. Penggunaannya sangat mudah, karena hanya membutuhkan sekali klik saja.  

  • Pilih provider yang mempunyai kualitas terbaik

 Sebenarnya, disetiap daerah kualitas sinyal masing-masing provider itu berbeda-beda. Baik itu XL, Axis, Telkomsel, Im3, Smartfren, dan sebagainya. Suatu provider mungkin memiliki kualitas sinyal yang kuat di Jakarta, namun belum tentu kualitasnya sama di kota-kota lain.

Baca juga:  Settingan APN Internet IM3 3G dan 4G Indosat Ooredoo

Kesimpulannya, sobat bisa melakukan penelitian sederhana. Ketika jaringan 4G LTE suatu provider terasa lemot dan putus nyambung, maka sobat bisa mennggantinya dengan provider lain. Cari sampai ketemu mana yang kualitasnya terbaik.

Sebab, semua cara mengatasi jaringan 4G lemot dan putus nyambung diatas tidak akan berguna jika kualitas jaringan di daerahmu memang lemah.

Baiklah, mungkin cukup sampai disini dulu postingan saya kali ini. Semoga bisa bermanfaat untuk kamu semua. Jangan lupa membagikannya ke sosial media, agar teman-teman kamu juga mengetahui cara mengatasi jaringa 4G yang lemot dan putus nyambung.

Loading...