Cara Mudah Membagi Koneksi Internet dari PC ke Android

Langkah-langkah dalam menyambungkan koneksi internet dari PC / laptop ke HP android sangat sederhana. Pada artikel kali ini kami akan menjelaskan tentang cara mudah membagi koneksi internet dari PC ke Android, simak ulasan sebagai berikut.

menyambungkan internet PC ke HP android

Perangkat PC / Laptop yang pertama dibutuhkan karena kita akan membagi koneksi internet dari PC. Android Mobile, ini perangkat kedua yang dibutuhkan karena perangkat ini akan diberikan koneksi internet dari perangkat PC / laptop tadi.

Kabel USB ini merupakan alat yang diperlukan saat menghubungkan koneksi internet PC ke ponsel Android anda. Setelah anda menyiapkan alat-alat yang diperlukan, anda akan dapat menghubungkan koneksi internet dari PC ke smartphone Android. Namun ada hal yang harus diketahui sebelum melakukan ini yaitu apa saja yang menjadi keluhan dan kelemahannya.

Pro dan Kontra Menggunakan Koneksi Internet PC

Kelebihan dan kekurangan menggunakan koneksi internet PC / laptop untuk smartphone android semuanya akan berdampak pada hp itu sendiri, baik itu kelebihan maupun kekurangannya. Keuntungan yang akan dirasakan adalah sebagai berikut.

Hal pertama yang akan anda rasakan adalah bisa berselancar dari HP Android yang awalnya tidak bisa dilakukan. Tidak Perlu Beli Paket Data, dengan menghubungkan koneksi internet PC / laptop ke HP Android, anda tidak perlu membeli paket data internet untuk berinternet di HP Android anda.

anda akan lebih hemat dalam pengeluaran karena seperti poin kedua di atas, anda tidak perlu lagi membeli paket data untuk mobile internet. Selain kelebihan di atas, mungkin anda akan merasakan kelebihan lain yang mungkin bisa dianggap sebagai keuntungan bagi diri anda sendiri, namun anda juga harus mengetahui kerugian menggunakan koneksi internet PC / laptop untuk HP Android anda, diantaranya sebagai berikut.

Baterai Cepat Rusak dan panas

Dengan berselancar di internet menggunakan koneksi internet dari PC dengan bantuan kabel USB maka baterai hp android anda akan cepat rusak karena dengan terus di sambungkan ke USB maka otomatis hp akan terus mengisi baterai dan itu saja. Jika kalian perhatikan baik-baik poin pertama di atas dengan baterai HP android terus mengisi dan terus digunakan untuk berselancar maka HP akan mudah panas dan cepat karena baterai hp panas.

Ponsel Cepat Rusak

Bisa dilihat dari dua poin di atas bahwa jika dilakukan terus menerus sudah dapat dipastikan hp kalian akan cepat rusak, jadi jangan terlalu sering melakukannya. Dibatasi oleh ruang dan waktu, hal keempat ini sudah pasti karena kalian hanya bisa menggunakan hp yang terus menerus dicolokkan ke PC kalian.

Sehingga kalian tidak bisa leluasa kemana-mana dan juga tidak bisa berlama-lama karena sudah dijelaskan pada tiga point handphone sebelumnya telepon akan cepat rusak jika digunakan dalam waktu lama. Karena sudah saya jelaskan apa saja kelebihan dan kekurangan koneksi internet PC ke hp android, jadi jika ada kerusakan yang kalian alami maka saya tidak bertanggung jawab.

Setelah anda mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan serta akan terus melakukannya, maka yang harus dilakukan untuk menghubungkan koneksi internet dari PC / laptop ke smartphone Android adalah sebagai berikut.

Menghubungkan Internet dari PC / Laptop ke Smartphone Android

Pertama, masuk ke “Pengaturan”, apakah itu Pengaturan tertulis atau Pengaturan di ponsel anda. Kemudian di setelan Nirkabel & Jaringan, buka setelan “Lainnya …”. Kemudian di setting Wireless & Network akan ada “USB Internet” dengan keterangan “Share Internet di PC Windows via kabel USB” atau seterusnya lalu tap pilihan tersebut.

Baca juga:  Cara Setting Internet APN Kartu XL 4G Cepat dan Ngebut

Setting di PC / Laptop

Pada jendela startup Windows, klik kanan pada ikon jaringan yang biasanya berada di pojok kanan bawah jendela. Kemudian klik dan pilih Open Network and Sharing Center untuk masuk ke pengaturan. Anda juga bisa pergi ke Control Panel, pilih Network and Internet, lalu Network and Sharing Center.

Kemudian di layar akan ada dua koneksi yaitu koneksi internet PC itu sendiri dan koneksi USB antara PC dan ponsel Android. Klik koneksi internet PC yang memiliki akses internet untuk berbagi koneksi internet dan anda juga harus ingat jaringan mana yang terhubung ke ponsel Android, misalnya Local Area Connection 3.

Kemudian pilih “Properties” untuk masuk ke pengaturan. Pada tab “Berbagi” kotak yang harus dicentang yang berisi frase “Izinkan pengguna jaringan lain untuk terhubung melalui koneksi Internet komputer ini” yang berarti anda mengizinkan koneksi komputer / jaringan lain untuk terhubung ke koneksi internet ini.

Lalu pada Home networking connection, klik Local Area Connection 3 atau sesuai dengan koneksi yang terkoneksi ke android anda. Setelah itu klik OK, kemudian ponsel Android anda akan terhubung ke internet dari PC / laptop dan anda dapat berselancar di internet.

Koneksi Via Kabel USB

Anda dapat membagikan koneksi internet dari PC ke ponsel Android tanpa bantuan aplikasi apa pun atau dengan bantuan aplikasi reverse tethering. Metode berbagi internet pertama dari PC ke Android melalui USB adalah cara yang paling direkomendasikan untuk melakukannya tanpa menggunakan aplikasi tambahan.

Selain lebih praktis, cara pertama ini juga sangat mudah digunakan, terutama bagi anda yang tidak ingin ponsel Android anda di-root. Simak langkah-langkah dibawah ini untuk berbagi koneksi internet dari PC ke HP Android via USB:

Pastikan PC anda terhubung ke koneksi internet terlebih dahulu. Hubungkan PC dan ponsel Android anda menggunakan kabel USB. Setelah PC dan ponsel Android anda terhubung, masukkan pengaturan pada ponsel Android anda. Masuk ke menu tethering di ponsel Android.

Temukan dan aktifkan fitur tethering USB di ponsel Android anda. Setelah diaktifkan, periksa apakah ada jaringan lokal baru di PC anda. Jika ada jaringan lokal baru di PC anda, maka anda dapat mulai berbagi koneksi internet anda. Pilih jaringan lokal yang menyediakan koneksi internet di PC anda. Setelah itu, klik kanan dan pilih properti.

Kemudian di pengaturan USB Internet, pilih sistem operasi yang sesuai di pc / laptop anda, misalnya memilih “Windows 7” dan setelah itu ketuk “Next”. Kemudian akan muncul langkah-langkah yang harus dilakukan, tap langsung saja pada “Done” karena untuk lebih jelasnya saya akan memberikan setting PC / Laptop. Kemudian setelah itu USB Internet akan terhubung dengan tanda centang di kotak sebelahnya.

Masuk ke tab berbagi, pilih jaringan lokal untuk ponsel Android anda di tab berbagi. Jika iya, anda hanya perlu menekan tombol Ok. Jika anda mengikuti langkah-langkah ini dengan benar, ponsel Android anda yang terhubung ke kabel USB seharusnya sudah memiliki koneksi internet dari PC anda.

Bagaimana Cara Membagi Koneksi Internet dari PC ke HP Android?

Cara pertama berbagai koneksi internet dari PC ke HP Android menggunakan kabel USB memang bisa digunakan untuk hp Android yang belum di-root. Namun sayang, prosesnya sedikit membingungkan, apalagi bagi masyarakat awam. Pasalnya, mau tidak mau anda harus melakukan pengaturan di PC anda juga. Nyatanya, banyak orang yang tidak begitu paham melakukan hal ini.

Baca juga:  Apa Efek Menghapus Cache Android Berbahaya Atau Tidak?

Via Software Reverse Tethering

Langkah-langkah untuk Berbagi Koneksi Internet dari PC ke Ponsel Android melalui Kabel USB dengan Software Reverse Tethering. Selain bisa menggunakan sharing koneksi di PC, kamu juga bisa berbagi koneksi internet dari PC ke HP Android melalui kabel USB menggunakan software Reverse Tethering. Apa keuntungan menggunakan perangkat lunak Reverse Tethering? Berikut ini adalah beberapa keunggulannya:

Proses berbagi koneksi internet dari PC ke ponsel Android tidak serumit cara pertama. Dapat melakukan lebih banyak pengaturan dari dalam perangkat lunak Reverse Tethering. Hanya saja, ada satu syarat yang harus anda penuhi untuk bisa menggunakan cara berbagi internet kedua ini dari PC ke Android melalui USB.

Syaratnya ponsel Android anda harus di-root dan memiliki fitur USB tethering. Jika sudah memenuhi 2 syarat tersebut, maka anda bisa mengikuti langkah-langkah berbagi koneksi internet dari PC ke HP Android menggunakan software Reverse Tethering berikut ini:

Unduh dan instal perangkat lunak Reverse Tethering terlebih dahulu di PC anda. anda dapat mengunduh Reverse Tethering dari Dropbox dengan ukuran file 5 MB. Instal juga driver USB HP Android kamu di PC untuk memudahkan proses berbagi koneksi internet nantinya. Setelah software Reverse Tethering diinstal di PC, pastikan ponsel Android anda sudah di-root dan aktifkan fitur USB debugging.

Hubungkan HP Android yang sudah kamu aktifkan fitur USB debugging dengan PC yang sudah terinstal software Reverse Tethering. Setelah terhubung, buka perangkat lunak Reverse Tethering di PC anda. Pastikan ponsel Android anda membaca di kolom Select a device di software Reverse Tethering. Jika ponsel Android anda tidak dapat dibaca, tekan tombol segarkan di perangkat lunak Reverse Tethering.

Jika ponsel Android anda telah terdeteksi di perangkat lunak Reverse Tethering, tekan tombol sambungkan di perangkat lunak Reverse Tethering. Tunggu sampai semua kemajuan berubah menjadi centang hijau. Jika ponsel Android anda meminta izin untuk menginstal APK Tunnel USB yang a da di ponsel Android.

Pertama-tama aktifkan fitur Hotspot di Android. Jika baru pertama kali diaktifkan, beri nama Network / Network SSID, pilih WPA2 PSK, dan juga Password lalu Save. Sampai di langkah ini kalian sudah berhasil membuat portable Wi-Fi Hotspot, sehingga setiap perangkat yang terhubung baik Android maupun PC bisa memanfaatkan koneksi internet dari hp atau bahkan transfer file via wireless.

Jika belum tau caranya, silakan baca panduannya disini. Langkah selanjutnya adalah mengaktifkan jaringan wireless pada PC atau laptop agar dapat terkoneksi dengan SSID yang telah dibuat tadi, berikut caranya: Klik pada ikon nirkabel dan SSID Android akan terdeteksi (dalam contoh kami, kami menyebutnya penablogAP) lalu klik Hubungkan.

Aktifkan Wireless PC, karena ini pertama kali akan diminta untuk mengisi kunci keamanan (password) dan memasukkan password yang telah dibuat pada langkah pertama kemudian klik OK, jika berhasil maka status jaringan akan Connected. Selain itu, anda juga dapat membagikan atau menyalin file dengan tambahan aplikasi Es File Explorer atau Xender dan aplikasi serupa lainnya.

Baca juga:  Mengatasi WiFi Di Hp Xiaomi Tidak Bisa On Dan Sulit Konek

Via Bluetooh

Jika diurutkan berdasarkan kecepatan, maka penambatan USB adalah yang tercepat, diikuti oleh penambatan WiFi dan penambatan Bluetooth. Lemahnya WiFi tethering, daya baterai ponsel cepat habis. Ini tidak terjadi dengan penambatan Bluetooth.

Karena Bluetooth memiliki bandwidth yang lebih luas daripada koneksi Internet yang tersedia saat ini, sebenarnya tidak ada perbedaan antara WiFi dan Bluetooth tethering. Hanya saja ada beberapa laporan yang menyatakan bahwa anda tidak bisa mendownload file dan menonton video YouTube dengan Bluetooth tethering ini.

Namun jika hanya untuk koneksi web atau chat, Bluetooth tethering masih dijamin. Kekurangan lain dari Bluetooth tethering yakni jangkauannya yang sangat terbatas, bahkan tidak sampai 10 meter. Namun, penambatan Bluetooth lebih aman, karena mengimplementasikan VPN (Virtual Private Network) untuk koneksi. Berikut cara mengaktifkan penambatan Bluetooth:

Untuk Android 4.0 dan yang lebih baru, silakan masuk ke Pengaturan, lalu di bawah bagian Nirkabel & Jaringan, ketuk Lainnya, klik penambatan & hotspot portabel. Aktifkan item Peranggitan Bluetooth. Di notebook anda, aktifkan Bluetooth dan hubungkan dengan ponsel Android anda.

Koneksi menggunakan Bluetooth membutuhkan mekanisme otentikasi yang disebut penyandingan. Setelah koneksi Bluetooth dibuat, tethering Bluetooth akan aktif secara otomatis, dan anda dapat mengakses Internet dari laptop anda.

Via CMD

Untuk laptop kebanyakan sudah mendukung komponen internal yang berfungsi menerima sinyal WiFi. Jadi, selama drivernya sudah terinstal, barulah anda bisa menjalankan fungsi ini. Berikut langkah-langkah membuat hotspot WiFi dari komputer atau laptop:

Pertama di kolom pencarian> Ketik “CMD”> Klik kanan> Kemudian pilih Run As Administrator. Buka Mode Admin CMD. Kemudian ketikkan perintah “netsh wlan set hostednetwork mode = allow ssid = LESKOMPI key = passwordminimal8character”> Lalu klik Enter. Untuk kata-kata yang saya tandai dengan warna biru, anda dapat mengubahnya sesuai kebutuhan. Perlu diperhatikan, minimal password yakni 8 karakter, dengan memakai kombinasi huruf dan angka.

Setelah itu ketikkan perintah netsh wlan start hostednetwork dan enter. Kemudian Windows akan memulai aktivasi hotspot secara otomatis. Untuk menghentikan hotspot silahkan ketik netsh wlan stop hostednetwork, lalu klik Enter. Pembahasan diatas hanya sebatas cara mengaktifkan WiFi dengan CMD, dan itu belum selesai tentunya.

Karena jika kita terhubung ke perangkat tertentu (seperti ponsel misalnya), akibatnya internet tetap tidak bisa digunakan. Ini karena WiFi yang diaktifkan tadi masih belum ada koneksi internet. Namun sebelumnya siapkan dulu modem yang bisa membuat komputer terkoneksi dengan internet. Kami akan menggunakan modem sebagai media akses WiFi. Seperti ini caranya:

Pasang modem ke komputer atau laptop anda. Kemudian sambungkan ke akses internet. Pastikan koneksi terdeteksi di bilah tugas. Dalam kotak pencarian, ketik Control Panel dan buka. Selanjutnya, buka Jaringan dan Internet, lalu jaringan dan pusat berbagi. Pada halaman ini pilih koneksi yang sudah terkoneksi dengan internet.

Klik menu Properties, Internet Modem Properties. Buka tab Share, lalu centang opsi Izinkan pengguna jaringan lain untuk terhubung melalui koneksi internet komputer ini. Pada kolom Koneksi Home Network, lalu setel ke koneksi WiFi yang dibuat sebelumnya, klik OK dan selesai. Sekian ulasan tentang cara mudah membagi koneksi internet dari PC ke android, semoga bermanfaat.

menyambungkan internet PC ke HP android
Next Post

No more post

Artikel Terkait