Cara Perbaiki Error Printer Epson L120 dengan Reset Ulang

Mereset ulang printer Epson L120 juga termasuk alternatif untuk perbaikan saat ada kendala semisal lampu Led orange berkedip dan tidak mau mencetak meski sudah menekan tombol print. Tentunya masalah harus segera diatasi agar pekerjaan kantor, menyelesaikan skripsi dan proses mencetak dokumen bisa dikerjakan lagi.

reset eror epson l120

Permasalahan dan trouble printer Epson bermacam-macam, seperti cartridge tidak terdeteksi, kertas tidak bisa keluar dan macet di tengah alias paper jam, hasil print bergaris dan putus-putus serta masalah lainnya.

Dan pada sesi kali ini, admin akan fokus pada error printer L120 Epson yang mengalami blinking atau lampu indikator berkedip-kedip hijau orange bergantian dan saat itu pula proses cetak dokumen tidak bisa dilakukan meski berulang kali menekan tombol print di layar komputer.

Lalu mengapa printer perlu direset ?, karena ada batasan maksimal pemakaian printer yang diatur oleh chipset yang ada di cartridge sehingga muncul peringatan dengan ditandai kedipan lampu indikator secara bergantian.

Disaat lampu Led di epson berkedip gantian tersebut, maka proses mencetak juga tidak bisa dilakukan. Dan biasanya di layar akan muncul peringatan untuk mengganti cartridge dengan yang baru.

Baca juga:  Cara Perbaiki Printer Canon IP2770 dan IP2700 Error

Namun mengganti cartridge tinta yang baru pada Printer Epson L120 sama saja dengan membeli printer baru. Jadi cara paling jitu untuk mengakalinya adalah dengan mereset ulang printer agar bisa digunakan tanpa membeli cartidge baru.

Adapun cara mereset ulang epson L120 ada dua macam cara, ada yang reset tanpa software namun tidak bertahan lama serta harus sering reset lagi, dan ada cara paten agar tidak sering mereset yakni menggunakan software resetter khusus epson.

Adapun cara reset printer Epson L120, L310, L210, L350, L300 dan L355 bisa sobat simak keduanya pada tutorial di bawah ini:

Cara Reset Sementara Epson L120

  1. Silahkan Cabut dulu kabel power sekitar 3-5 menitan
  2. Lalu Nyalakan kembali printer dan tunggu sampai proses spooling berhenti.
  3. Setelah printer Epson terdiam tidak ada aktifitas, tekan tombol POWER serta tekan tombol RESUME (Logonya Tinta) dan tahan lebih kurang 5 detik saja, lalu lepaskan
  4. Lalu tekan lagi tombol RESUME sekitar 3 detikkan, lepaskan lagi
  5. Selanjutnya biarkan printer melakukan spooling dan tunggu sampai terdiam dan nantinya lampu indikator oranye akan hilang dan bisa digunakan kembali
Baca juga:  Kode Error Printer IP2700 IP2770 berdasar Nyala Lampu Indikatornya

Cara ini tidaklah permanen alias sementara, dalam beberapa kali print atau setelah anda mematikan printer Epson biasanya akan meminta reset kembali. Nah cara paling tepat adalah menggunakan software resetter agar tidak perlu berulang kali reset.

Cara Reset EPSON L120 dengan Aplikasi

  • Bila perlu matikan dulu antivirus agar tidak salah deteksi dan software gagal dijalankan. Kemudian jalankan file ‘Adjprogcracked.exe’.
software resetter epson l120
  • Pada tampilan Epson Adjustment program, pilih model Printer yang ingin direset yaitu L120
  • Kemudian pada beberapa daftar fungsi yang tampil, pilih opsi “Waste Ink pad counter” dan klik tombol OK
proses reseter l120 epson
  • Di tampilan berikutnya, centang tanda ‘Main Pad Counter’ lalu klik tombol Check
reset l120 epson
  • Setelah proses dilakukan, centang lagi opsi Main pad Counter dan klik pada tombol Initialization
reset tinta printer epson
  • Tunggu prosesnya dan bila berhasil maka di layar ada notifikasi agar mematikan printer dengan menekan tombol OK

Setelah printer restart maka lampu indikator yang nyala bergantian tersebut akan hilang dan anda bisa melakukan proses print seperti sediakala. Semoga tips cara reset Epson L120 dengan manual dan software diatas bermanfaat, terima kasih.

Baca juga:  Cara Mereset Printer Canon IP2770 Tanpa Harus Service
Loading...