Kode Error Printer IP2700 IP2770 berdasar Nyala Lampu Indikatornya

Meskipun Printer Canon Pixma Tipe IP2700 dan IP2770 sudah lama beredar, namun sampai saat ini masih banyak dijual dan terbukti menjadi pilihan alat cetak dokumen dengan harga murah. Nah, pada pembahasan kali ini admin akan memberikan beberapa tips untuk mengatasi masalah Error di printer canon IP2770 / IP2700 berdasarkan tanda masalahnya dilihat dari nyala lampu indikatornya.

jenis kode eror di canon ip2770 2700 pixma

Problem printer Canon IP2770 dan tipe sejenisnya ditandai dengan nyala lampu Orange, entah itu Blink (berkedip) atau menyala terus. Dan tanda printer normal umumnya lampu power menyala (Hijau) tanpa disertai nyala indikator Orange.

Adapun beberapa kode Error yang bisa muncul di Printer Canon IP2700 / 2770 yang harus kita ketahui agar tahu apa problem yang terjadi dan cara mengatasinya, bisa sobat simak Kode Error Printer IP2700 IP2770 berdasar Nyala Lampu Indikatornya di bawah ini:

1. Hijau 1X dan Orange Kedip 3X

Sebab: Ada kerusakan Mekanik sparepart atau bisa karena Kotoran di Roller

Solusi: Cek dulu apakah ada benda asing atau kotoran menyumbat di bagian alur kertas atau roller. Bila masih bergaransi dan bawa ke pusat servis untuk perbaikan agar tidak membuka segel.

2. Hijau 1X dan Orange Kedip 4X

Baca juga:  Cara Perbaiki Error Printer Epson L120 dengan Reset Ulang

Sebab: Pertanda wadah pembuangan tinta penuh, biasanya ditandai tulisan di layar ‘Waste ink pad full’

Solusi: Lakukan reset printer canon dengan software resetter.

3. Hijau 1X dan Warna Orange 5X

Sebab: ada salah satu atau keduanya cartridge rusak, entah warna atau yang hitam

Solusi:Bersihkan dulu chip di belakang cartridge tinta dengan tissue kering, biasanya printer tidak mendeteksi karena konektor atau pin di cartridge kotor. Bila tetap saja bermasalah, bisa mengganti dengan beli cartridge baru.

4. Hijau 1X dan Warna Orange 7X

Sebab: Cartridge tinta Warna rusak

Solusi: Ganti tinta cartridge dengan yang baru

5. Hijau dan Orange nyala bergantian 7X

Sebab: Ink absorber Full atau memberitahukan kalau wadah pembuangan tinta penuh

Solusi: Bersihkan wadah pembuangan tinta, baik itu printer canon yang diinfus atau tidak yang tanpa dibekali tabung pembuangan khusus. Lalu lakukan reset canon dengan menggunakan aplikasi Resetter.

6. Hijau 1X dan Orange kedip 8X

Sebab: tanda Ink Tank Full

Baca juga:  Cara Mereset Printer Canon IP2770 Tanpa Harus Service

Solusi: Lakukan reset printer

7. Hijau 1X dan warna Orange Kedip 13X atau 16X

Sebab: Tidak terpasangnya cartridge dengan benar pada dudukannya, biasanya disertai gambar di layar monitor seperti cartridge tercabut.

Solusi: Tekan dan tahanlah tombol resume beberapa saat agar cartridge ke posisi tengah dan coba pasang kembali dengan benar posisinya, dan setelah itu tekan lagi tombol resume.

8. hijau 1X dan Orange berkedip 14X atau 15X

Sebab: cartridge warna hitam canon rusak

Solusi: Ganti dengan yang baru atau terlebih dahulu coba bersihkan pin yang ada di belakang cartridge dengan tissu, siapa tahu adda kotoran mengganjal.

Demikianlah pembahasan beberapa kode error yang biasa terjadi di printer canon IP2700 dan IP2770 dengan menilik kedipan lampu indikatornya, semoga bermanfaat.