Mengatasi Memori Internal HP Samsung Cepat Penuh

Memori internal penuh merupakan hal wajar yang biasanya disebabkan oleh memori internal yang memang sedikit ataupun penggunaan yang terlalu berlebihan. Banyak orang yang mengeluhkan memori Samsung j2 j5 j3 dan tipe Galaxy lainnya yang cepat penuh padahal tidak sering digunakan. Jika demikian, apa penyebab penuhnya memori? Berikut ulasan lebih lengkapnya.

Memori Samsung cepat penuh

Penyebab Internal Memori Penuh di HP Samsung

Berikut beberapa penyebab penuhnya memori internal pada HP android yang perlu Anda ketahui.

  1. Penyimpanan semua dilakukan di memori internal

Jika Anda tidak melakukan pengaturan media penyimpanan, biasanya apapun itu baik aplikasi, foto, video Anda akan otomatis tersimpan di memori internal sehingga memori internal akhirnya penuh.

  1. Cache yang tidak dihapus

Memori internal penuh juga disebabkan karena cache dari aplikasi yang tidak dihapus. Jiak tidak pernah dihapus, cache bisa mencapai di atas satu giga, bisa membuat memori internal menjadi penuh, bukan?

  1. Thumbnail

Di bebrapa smartphone, thumbnail sangat menganggu dan menyita memori HP. Nah Anda bisa melihatnya di bagian folder DCIM. Jika memang penyebab penuhnya adalah thumbnail maka ukuran thumbnail mencapai giga.

Baca juga:  Cara Mengganti Bahasa China HP Android ke Indonesia

Nah sebenarnya penyebab utama memori j2 j5 j3 J2 Prime cepat penuh  adalah hal tersebut. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa melakukan beberapa cara berikut ini.

Cara Mengatasi Memori Internal Penuh

Cara berikut ini mungkin bisa membantu Anda mengatasi memori internal penuh. Langsung saja, simak caranya berikut ini.

  1. Mengganti pengaturan penyimpanan

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan mengganti pengaturan penyimpanan. Buatlah penyimpanan umum atau penyimpanan default di memori ekternal atau micro SD. Anda bisa mengaturnya secara langsung ataupun secara terpisah per aplikasinya. Aplikasi yang sangat perlu dipindah penyimpanannya karena memerlukan banyak memori adalah kamera dan aplikasi berat.

  1. Memindah file ke Micro SD

Mengatasi memori internal penuh selanjutnya yaitu dengan memindahkan beberapa file ke memori ekternal atau kartu SD, utamanya file yang memiliki ukuran besar seperti video dan foto. Pindah file-file tersebut. Jika tidak ingin memori eksternal penuh, Anda bisa memindahkan file ke komputer, laptop, atau harddisk Anda. Dengan melakukan pemindahan file maka memori internal Anda akan berkurang isinya.

  1. Memindah instalasi beberapa aplikasi
Baca juga:  Cara Mengatasi Sinyal ADVAN Hilang Sulit Konek

Anda pasti telah menginstall beberapa aplikasi penyebab internal memori penuh. Nah pindah aplikasi tersebut. Sebisa mungkin pilih aplikasi yang menyita memori Anda. Cara memindahnya cukup mudah, Anda hanya perlu menuju ke menu setelan atau pengaturan, lalu pilih aplikasi atau all aplikasi (tergantung jenis HP).

Setelah itu, Anda bisa memilih aplikasi yang paling besar memakan memori. Klik aplikasi tersebut. Kemudian pilih penyimpanan dan pilih ubah lokasi penyimpanan. Pilih lagi kartu SD. Nanti HP akan segera mengekspor aplikasi yang Anda pindahkan ke kartu SD. Tunggu beberapa saat hingga pemindahan selesai.

  1. Menggunakan aplikasi pembersih memori

Karena setiap aplikasi selalu menyisakan cache. Nah cache tersebut ahrus dihapus agar tidak membuat memori penuh. Cara menghapusnya cukup mudah, Anda hanya perlu menuju ke setelan, pilih aplikasi, dan klik memori. Nanti akan ada pilihan hapus cache atau hapus memori. Segera hapuslah, ingat hapus cache jangan sampai salah hapus data karena hapus data bisa menghapus semua yang Anda simpan.

Baca juga:  Bagaimana Setting Penyimpanan Kamera HP Realme ke Kartu Memori ?

Untuk lebih mudahnya, Anda bisa menggunakan aplikasi pembersih memori. Palikasi atau tool yang demikian akan membantu Anda membersihkan cache secara bertahap dan menyeluruh. Tidak manual dan satu-satu.

Demikian tadi sedikit pembahasan tentang cara mengatasi memori internal penuh di HP Samsung Galaxy. Semoga bermanfaat.

Loading...