Cara Mengatasi Gagal Masuk Ke Halaman Wifi Id di Android

Cara mengatasi gagal masuk ke halaman wifi id via hp android bisa dicoba dengan mengubah pengaturan Alamat IP dan DNS-nya. Telisik punya telisik, permasalahan yang dialami oleh pengguna hp android yang tidak bisa mengakses welcome page @WiFi.id ternyata berkaitan erat dengan DNS dan Alamat IP.

mengatasi gagal masuk wifi Id di android

Sekarang coba deh ingat-ingat kembali, apakah kamu pernah mengutak-atik pengaturan internet di hp android milikmu, khususnya pengaturan DNS. Bila iya tentunya Alamat Denial Name service bisa menjadi salah satu penyebab gagalnya masuk WiFi id.

Solusi dari permasalahan ini tentu saja dengan mengatur ulang DNS dan Alamat IP jaringan @wifi.id di smartphone android kamu. Selain mengatasi masalah halaman login tidak muncul, kedua cara ini juga cocok untuk menyelesaikan permasalahan wifi id tidak bisa connected di android.

Solusi Tepat Mengatasi Sulit masuk Wifi id

  1. Mengubah settingan Alamat IP

a. Pertama-tama silahkan masuk ke menu Settings, kemudian pilih menu WiFi dan aktifkan.

b. Tunggu sampai jaringan @wifi.id muncul, lalu coba koneksikan.

Baca juga:  Bagaimana Cara Login Ke Wifi Id Dari Hp Android?

c. Langkah berikutnya adalah sentuh dan tahan pilihan @wifi.id sampai muncul beberapa menu.

d. Klik pada pilihan Kelola Pengaturan Jaringan, dan jangan lupa ceklis Tampilkan Opsi Lanjutan.

e. Sampai disini kamu akan melihat menu Pengaturan IP dengan sub-menu DHCP dan Proksi.

f. Silahkan klik sub-menu DHCP dan pilih Statik.

g. Di bagian Alamat IP silahkan ubah menjadi 192.168.1.1 . Sementara itu yang lainnya biarkan tetap default, jangan diubah.

h. Langkah terakhir kamu tinggal klik Simpan.

Jika semua sudah beres, maka jangan buru-buru mencoba menghubungkan kembali ke jaringan wifi.id. Namun saran saya adalah restart terlebih dahulu hp android kalian. Tujuannya supaya kondisi hp lebih fresh.

Dalam banyak kasus, hp android tidak bisa mendeteksi jaringan wifi dikarenakan kondisinya saat itu mungkin sedang eror. Sehingga ia tidak bisa berfungsi secara maksimal.

Begitu hp android sudah selesai di restart, sekarang masuklah ke menu Settings dan aktifkan WiFi. Tunggu sampai jaringan @wifi.id terdeteksi dan coba hubungkan ulang. Jika kamu disuruh membuka browser, berarti kamu sukses terhubung ke wifi.Id.

Baca juga:  Pengaturan APN Internet Telkomsel 3G 4G Cepat dan Stabil

Bukalah browser opera, chrome, atau browser bawaan juga bisa. Jika sudah masuk di halaman login wifi.id, langsung saja masukkan username dan password kamu.

Lantas, bagaimana jika kamu masih gagal masuk ke halaman WiFi id via HP Android ? Tidak perlu khawatir, coba dulu cara yang kedua berikut ini.

  1. Mengubah settingan DNS

a. Masuk ke menu Settings, kemudian pilih WiFi dan aktifkan.

b. Silahkan tap dan tahan jaringan @wifi.id. Kemudian pilih opsi Kelola Pengaturan Jaringan dan beri centang pada Tampilkan opsi lanjutan.

c. Silahkan scroll ke bawah, di bagian Pengaturan IP ubah menjadi Statis. Cari pengaturan DNS 1 dan DNS 2. Disinilah kamu bisa mengatur DNS ponsel.

d. Berdasarkan hasil Googling, berikut ini adalah beberapa rekomendasi DNS IndiHome Stabil dan Tercepat:

202.134.0.155 (Jakarta)

202.134.1.10 (Surabaya)

203.130.196.5 (Jakarta)

Silahkan dicoba utak atik sendiri dan sesuaikan pengaturan DNS berdasarkan lokasi kalian masing-masing. Bisa dicari di Google untuk daftar DNS wifi.id yang lebih lengkap.

Sebelum mencoba dua cara mengatasi gagal masuk ke halaman wifi id via hp android diatas, pastikan kualitas jaringan @wifi.id kalian bagus. Pasalnya, kualitas sinyal yang lemah juga bisa menjadikan performa wifi.id kurang maksimal.

Baca juga:  Mengaktifkan Pemberitahuan Ketika Akun FB Dibobol Orang Lain

Selain masalah gagal login, banyak pengguna yang juga mengeluhkan soal kecepatan @wifi.id yang berbeda. Di smartphone miliknya kecepatan jaringan @wifi.id terasa lemot, sedangkan di ponsel temannya sangatlah kencang, padahal keduanya berada di lokasi yang sama.

Kalau kasus seperti ini, masalahnya terletak di smartphone kamu. Banyaknya aplikasi aktif di latar belakang yang membutuhkan data internet, menjadi penyebab mengapa koneksi terasa lemot.