Mengatasi Game dan Aplikasi Sering Menutup Sendiri / Tidak Respon

Rasanya mungkin jengkel saat asik main Game PUBG tiba-tiba Force close, atau saat membuka beranda Medsos Facebook aplikasinya menutup sendiri, layar tidak merespon saat disentuh alias Hang dan beberapa problem lain yang membuat aktivitas di smartphone malah membikin pusing karena belum tahu penyebabnya.

game error tidak respon macet

Masalah aplikasi dan Game di Android yang menutup sendiri atau tidak merespon seringkali dikaitkan dengan Besarnya RAM dan tipe prosesor sebagai otak utama smartphone. Memang itulah fungsi utama CPU, yaitu memproses segala permintaan sistem dan data dari penggunanya. Semakin Cepat CPU maka respon saat membuka aplikasipun lebih ringan.

Namun RAM besar dan Prosesor yang berkecepatan tinggi tidaklah menjamin Game yang diamainkan dan aplikasi bisa berjalan normal seperti yang diharapkan. Banyak diantara pemilik Handphone android harga Jutaan, apapun mereknya mengalami masalah ketika membuka aplikasi.

Aplikasi menutup sendiri saat dijalankan atau seringkali orang menyebutnya Force Close bisa disebabkan banyak hal, Mulai masalah kerusakan, Sistem Androidnya, terinfeksi virus, banyak file sampah dan penyebab lain yang setiap pemilik smarphone tidak sama cara mengatasinya.

Mengatasi Game / Aplikasi Sering Menutup Sendiri

Untuk mengatasi permasalahan di HP Android kita harus mengetahui dulu penyebabnya. Dengan demikian penanganan kasusnya akan lebih mudah. Jadi, langsung saja simak solusi saat Bermain game atau aplikasi sering force close di bawah ini.

  • Restart / Reboot Android

Memuat ulang  Android berfungsi untuk memulai proses pembacaan file sistem dan mempersiapkan CPU agar berfungsi normal. Bila ada salah satu komponen atau file penting yang rusak atau hilang, maka proses booting akan terhenti dengan ditandai hanya tampil logo saja (Bootloop), Selalu restart dan tidak mau masuk ke tampilan utama.

Baca juga:  Cara Mengaktifkan OK Google Di Hp Android Semua Merek

Dengan menyalakan ulang HP Android, bisa mengatasi aplikasi maupun game yang sering menutup sendiri, Tidak merespon (Hang), Lemot dan lainnya.

  • Menutup Aplikasi yang berjalan

Banyaknya aplikasi yang sudah terbuka sebelumnya sebenarnya tidak benar-benar tertutup sempurna, karena rata-rata pengguna Handphone Android menutup aplikasi hanya dengan menekan tombol Home d menu navigasi.

Efek menumpuknya aplikasi yang masih berjalan di latar belakang sistem akan membuat CPU seperti RAM dan Prosesor bekerja ekstra. Tentunya bila RAM kapasitasnya hampir habis, maka saat menjalankan aplikasi lain seperti Game yang memerlukan resource CPU besar akan membuat sistem menjadi berat.

Oleh sebab itu, Sebelum menjalankan game agar tidak force close atau lemot, biasakan untuk menutup semua aplikasi yang baru saja kita buka. Caranya bisa dengan menekan tombol navigasi recent apps dan klik tanda silang, maka semua aplikasi akan menutup sempurna.

  • Membersihkan Cache Game / Aplikasi

Lakukan pembersihan file sampah yang menumpuk di sistem atau aplikasi. Dimana cache meskipun berguna untuk mempercepat akses menu dan fitur saat aplikasi dijalankan, Namun kalau sudah menumpuk banyak maka file cache akan membuat sistem lemot dan memperberat kinerja CPU ponsel.

Baca juga:  Menghilangkan Iklan Mengganggu di HP Android Caranya Mudah Lho!

Untuk menghapus cache Game atau aplikasi caranya cukup mudah, Bisa menggunakan aplikasi pembersih cache bawaan smartphone atau langsung menghapusnya dari menu pengaturan.

Cara menghapus cache bisa dengan masuk ke bagian menu pangaturan, Lalu pilih menu manajemen aplikasi, Pilih nama aplikasinya dan klik opsi “Hapus  Cache”.

Apakah berbahaya menghapus cache ?, Tidak, Membersihkan cache bukanlah menghapus data aplikasi. Cache hanya file sementara yang bisa dihapus dengan aman, bahkan bisa mempercepat kinerja sistem secara keseluruhan.

  • Copot atau Install Ulang Aplikasi

Game macet, Aplikasi sering menutup sendiri dan problem sejenisnya bisa juga disebabkan rusaknya data dan fungsi di dalam aplikasi yang terinstall.

Bila cara diatas belum bisa mengatasi masalah, Cobalah membuang dulu game / Aplikasi, lalu unduh lagi dari play store. Saya sarankan sesaat setelah mencopot aplikasi, lebih dahulu restart ponsel, lalu Unduh dan pasang kembali aplikasinya.

  • Update Aplikasi

Melakukan update aplikasi sangat disarankan untuk menjaga performa dan mendapat fitur terbaru didalamnya.

Meskipun secara default play store diatur untuk memperbarui semua aplikasi yang terpasang secara up-to-date di jaringan WiFi, Namun bagi yang menggunakan koneksi data selular dan ingin menghemat kuota biasanya akan menonaktifkan fitur update otomatis.

Jadi pastikan versi terbaru Game dan aplikasi yang bermasalah untuk diperbarui. Pastikan selalu mendownload aplikasi dari market yang terpercaya dan aman seperti Google Play store.

  • Menggunakan fitur Turbo Boost
Baca juga:  Cara Aktifkan Mode Pengembang Xiaomi Redmi

Bila smartphone anda sudah ada fitur turbo boost maka gunakanlah. Dimana fitur ini berfungsi untuk menentukan aplikasi / game mana yang terpilih supaya diberikan prioritas resource CPU yang dampaknya akan meningkatkan performa dari aplikasi yang dijalankan.

  • Perbarui firmware Smartphone

Cek juga apakah software android di smartphone sudah dalam versi terbaru atau belum. Bila ada versi terbaru, silahkan lakukan update.

Memperbarui software HP Android ke versi terbaru akan meningkatkan kinerja sistem, Fitur terbaru, Keamanan yang ditingkatkan serta kemampuan untuk mengadaptasi berbagai aplikasi maupun game terbaru.

  • Reset ulang Android

Merlakukan reset berarti mengembalikan pengaturan sistem dan menu di smartphone ke veri bawaan pabrik. Mereset sistem dapat dipilih sebagai opsi terakhir bila banyak fungsi, Menu dan aplikasi yang tidak bekerja normal.

Karena mereset ponsel bisa menghapus seluruh data, pastikan melakukan pencadangan data terlebih dahulu ke media lain seperti kartu memori supaya bisa di-restore.

Namun bila yang bermasalah hanya satu saja game atau aplikasi yang error, lebih baik fikirkan ulang untuk memutuskan reset factory. Bisa saja smartphone tidak sesuai spesifikasi minimum yang disyaratkan aplikasi, seperti kapasitas RAM dan kecepatan prosesornya.

Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi aplikasi android yang tidak merespon maupun sering force closed, semoga bermanfaat dan bisa menjadi solusi bagi sobat semua.

game error tidak respon macet
Next Post

No more post

Artikel Terkait