Mengatasi Kamera Xiaomi Bermasalah dan Sering Error

Kamera smartphone menjadi piranti penting di jaman milenial saat ini. Terkadang saat pertama ingin membeli ponsel pintar, spasifikasi kamera seperti resolusi dan fiturnya menjadi tolok ukur apakah jadi membelinya atau tidak. Disamping itu aktifitas media sosial yang semakin tidak bisa dilepaskan dari rutinitas harian menjadikan kegiatan selfie dan fotografi menjadi penting bagi sebagian penggunanya.

perbaikan kamera xiaomi error

Namun apa jadinya kalau saat ada keinginan memotret atau ingin selfie tiba-tiba kamera xiaomi sobat bermasalah. Entah error saat aplikasi baru saja dijalankan lalu macet, tombol jepretan kamera atau shutter tidak bisa ditekan, gambar tidak terlihat atau trouble file foto tidak bisa tersimpan di memori HP dan beberapa permasalahan lainnya.

Sebenarnya tidak hanya di HP merek Xiaomi saja yang bisa terdamppak error pad akamera, hampir semua tipe smartphone seperti OPPO, Samsung, Vivo, Lenovo dan sebagainya bisa suatu saat mengalami yang namanya trouble pada aplikasi kamera.

Penyebab dan Cara mengatasi Kamera Xiaomi Trouble

Meski tidak semua permasalahan masalah bersumber dari hardware, komponen atau perangkat kerasnya saja. Seringkali terjadi penyebab error kamera di smartphone terjadi karena ada kesalahan sistem, crash di aplikasi dan banyaknya file sampah serta cache.

Langsung saja kita simak beberapa penyebab dan cara mengatasi aplikasi kamera di HP Xiaomi yang bermasalah saat dijalankan, macet, tombol bidik tidak bisa difungsikan maupun file tidak tersimpan di galeri.

Baca juga:  Cara Membuka Lupa Pola Sandi HP Meizu

1. Bersihkan file sampah dan Cache

File cache yang terlalu banyak dan tidak pernah dibersihkan bisa mengakibatkan ponsel lemot, kapasitas RAM terbuang sia-sia dan berdampak pada jalannya aplikasi.

Seringkali macetnya aplikasi disebabkan alokasi RAM yang tidak memadai dan prosesor yang bekerja terlalu ekstra. Hal tersebut salah satunya diakibatkan adanya penumpukan file cache dan sampah sehingga memperberat kinerja sistem. Akibatnya aplikasi bisa crash dan tidak dapat bekerja secara normal, sering keluar sendiri dan bahkan macet.

Simak juga : Cara Nonaktifkan Suara Tombol Kamera Xiaomi

Untuk membersihkan cache dan file sampah di HP Xiaomi bisa menggunakan aplikasi pembersih bawaan sistem maupun menggunakan aplikasi cache cleaner seperti Ccleaner yang sudah poluler di play store.

2. Tutup Recennt Apps

Banyak pengguna ponsel android yang menutup aplikasi haya dengan menekan tombol ‘Home’ saja kemudian membuka aplikasi lain. Sebenarnya aplikasi tersebut tidaklah tertutup sempurna sampai kita benar-benar membersihkan dari halaman ‘recent apps’.

Aplikasi yang banyak berjalan di background memerlukan alokasi RAM yang tidak sedikit, sehingga semakin banyak yang masih terbuka akan menyebabkan sistem lemot dan gagal menjalankan beberapa fitur didalamnya.

Cobalah menutup semua aplikasi yang terbuka sebelum menjalankan aplikasi kamera. Caranya cukup gampang, tekan tombol navigasi ‘recent app’ dengan ikon kotak disamping tombol ‘Home’, lalu utekan tanda silang agar semua aplikasi menutup sempurna. Setelah itu coba jalankan kembali app kamera bawaan Xiaomi dan coba memotret objek.

Baca juga:  Cara Pindah Jalur Data Kartu SIM 1 ke SIM 2 HP Redmi Note 7

3. Restart Sistem

Bila kamera Xiaomi tetap bermasalah dengan kedua tips diatas, coba lakukan restart atau reboot sistem smartphone.

Memuat ulang Xiaomi akann membuat jalannya sistem menjadi lebih lancar, seluruh aplikasi yang terbuka sebelumnya dapat tertutup sempurna dan tips ini terbukti ampuh mengatasi beberapa problem aplikasi maupun pengaturan sistem yang bermasalah saat dijalankan.

4. Install App Kamera Lainnya

Bila setelah restart HP Xiaomi tidak juga mengatasi error kamera, coba unduh dan pasang aplikasi kamera dari pihak ketiga di play store, semisal Open Camera, 612, Camera 360 dan lain sebagainya.

Coba jalankan app kamera pihak ketiga tersebut dan bila ternyata berhasil, berarti aplikasi kamera bawaan xiaomi mengalami kerusakan. Biasanya dengan cara mereset ulang smartphone ke bawaan pabrik bisa mengembalikan error yang terjadi.

5. Cek Memori Card

Bila kejadiannya foto tidak dapat tersimpan di galeri atau memori, silahkan cek dulu apakah jalur penyimpanan ada di pilihan eksternal atau internal. Bila pilihan menggunakan penyimpanan MicroSD, silahkan cek kapasitas memorinya apakah masih tersedia atau sudah habis.

Bila kartu MicroSD kapasitasnya masih banyak namun kamera tidak bisa menyimpan foto kedalamnya, coba keluarkan dulu dari slot-nya, lalu masukkan lagi. Cek juga apakah file lain mash bisa dimasukkan ke dalam kartu atau tidak, seperti file gambar kiriman WhatsApp, Unduhan atau kiriman dokumen lainnya.

Baca juga:  Cara Bypass Akun Mi Xiaomi Setelah Flash atau Reset Ulang

Kartu memori yang bermasalah mengakibatkan hasil jepretan foto di HP Xiaomi tidak bisa bekerja normal, coba alihkan ke penyimpanan internal ponsel dan ganti dengan kartu memori yang lain.

6. Reset ulang Xiaomi

Melakukan factory reset di HP Xiaomi menjadi opsi ampuh untuk mengatasi berbagai masalah aplikasi maupun sistem. Dimana nantinya semua pengaturan akan dikembalikan ke settingan bawaan pabrik sehingga semua kembali normal, tidak terkecuali kamera yang mengalami masalah saat dijalankan.

Namn perlu diingat, proses reset terhadap smartphone akan menghapus permanen seluruh data yang ada, seperti file foto, video, unduhan, dokumen, data aplikasi dan lain sebagainya. Jadi backup dulu semua data penting ke media lain sebelum memutuskan reset sistem.

7. Flashing Xiaomi

Langkah ini bisa dilakukan bila proses reset sudah tidak berhasil mengatasi kendala di kamera dan seluruh aplikasi maupun sistem.

Dengan flashing firmware Xiaomi maka seluruh file sistem dan data akan dihapus dan diganti dengan yang baru. Namun yang perlu diperhatikan, jangan lakukan sendiri flash HP tanpa pengetahuan tentangnya karena berakibat HP mati total dan menghanguskan garansi.

8. Cek hardware ke Service center

Pengecekan menyeluruh seperti sistem dan perangkat keras bisa dilakukan di service center resmi Xiaomi. Jangan memaksa membongkar sendiri perangkat smartphone untuk mengutak-atik bagian kamera maupun komponen lain tanpa mengetahui apa yang harus diperbuat.

Serahkan penanganan perbaikan hardware kamera Xiaomi di pusat perbaikan resminya agar kita mendapat sparepart yang original dan pastinya bergaransi.