Mengatasi Kartu ATM BRI Berstatus Disabled Serta Penyebabnya

Mungkin banyak yang bertanya-tanya dan bingung apa sebab kartu ATM BRI saat dimasukkan ke mesin ternyata di layar bertuiskan Kartu statusnya Disabled. Bahkan ada yang khawatir kalau ada yang membobol uang di rekening miliknya.

Cara tarik tunai Padahal kartu ATM BRI DISABLE

Ada yang mencoba berulangkali memasukkan kartu di beberapa mesin ATM BRI tetapi hasilnya tetap sama yaitu status disabled . Akibatnya transaksi penarikan uang, Transfer, pembayaran, pembelian dan transaksi perbankan lain tidak dapat dilakukan.

Tetapi jangan risau, kartu ATM BRI yang disable tersebut tidak akan mempengaruhi jumlah uang di rekening, karena hanya kartunya saja yang saat itu tidak dapat difungsikan dengan sebab tertentu seperti alasan keamanan untuk menghindari phising atau pencurian data nasabah.

Penyebab kartu ATM BRI berstatus Disabled

Ada beberapa penyebab kartu debit atau kredit ATM BRI memuncukan status disable di layar mesin ATM, Bisa karena kesalahan pemegang kartu atau memang otomatis didisable oleh sistem Bank.

Untuk kartu ATM Disable yang disebabkan oleh pemilik rekening karena memang ada permintaan mendisable kartu miliknya, Bisa melalui aplikasi Internet atau Mobile banking BRI atau aplikasi BRImo.

Baca juga:  Cara Mengaktifkan SMS Banking BNI melalui ATM dan Kantor Cabang

Biasanya pendisable-an kartu ATM oleh pemilik rekening bisa disebabkan karena beberapa alasan, seperti Kehilangan ATM atau kecurian dan khawatir ada penyalahgunaan oleh penemunya.

Sedangkan sistem yang mendeteksi adanya penggunaan kartu ATM tidak wajar juga bisa menyebabakan ATM disable. Dimana demi keamanan, bila sistem ATM Bank mendapati adanya gelagat phising, Skimming atau model pencurian data lainnya otomatis kartu bisa didisable.

Cara Enable kartu ATM BRI yang disabled

Untuk bisa menggunakan kembali kartu ATM BRI yang statusnya disable, bisa di-Enable dengan beberapa opsi yang dapat dipilih, seperti melalui aplikasi Internet / Mobile Banking, Aplikasi BRImo, Dari situs IB (Interet banking) BRI, Kontak telepon CS BRI dan mendatangi langsung kantor cabang terdekat.

Cara Enable kartu BRI ATM via BRImo

Pastikan terlebih dahulu sudah menginstall aplikasi BRImo di smartphone dan sudah memiliki akun aktif untuk bisa menggunakannya. Bila sudah, lakukan langkah berikut untuk membuka kartu ATM BRI yang disable.

  • Masuk ke BRImo dengan User ID dan sandi anda
  • Pilih menu Rekening dan tekan tanda menu titik tiga yang ada di sebelah kanannya
  • Pilih menu Nonaktifkan kartu dan geser ke posisi aktif
Baca juga:  Cara Menyimpan Bukti Transaksi Dari Aplikasi BNI Mobile

Bila sudah menginstall aplikasi Mobile banking BRI maka tidak perlu lagi menjalankan BRImo, Caranya sebagai berikut

Enable BRI ATM via BRI Mobile Banking

  • Jalankan Mobile banking BRI dan pilih menu pelayanan Nasabah
  • Disana ada menu untuk Enable kartu ATM, silahkan aktifkan
  • Bila diminta verifikasi, masukkan password

Bila tidak familiar dengan Mobile banking, bisa juga melalui aplikasi internet banking BRI, di sana juga ada menu untuk membuka kartu ATM yang disabled.

Membuka ATM Disable via Aplikasi Internet banking

  • Pilih menu Internet banking dan login dengan akun anda
  • Masuk ke menu Pelayanan dan pilih opsi Enable disable kartu
  • Pilih Enable untuk membuka ATM yang terdisable

Bilamana anda tidak menggunakan ketiga opsi diatas alias tidak mengaktifkan akun internet atau mobile banking BRI, maka bisa menggunakan cara keempat, yaitu dengan menelepon customer service BRI atau mendatangi cabang / teras BRI terdekat.

Bila ingin ke kantor BRI untuk membuka kartu ATM yang berstatus Disable, maka persiapkan buku tabungan, kartu identitas / KTP dan kartu ATM anda. Kemudian lakukan antrian untuk ke customer service dan bilang saja kalau ingin Enable kartu.

Baca juga:  Cara Buka Rekening BNI Online Langsung Aktif dan Tanpa NPWP

Begitu juga saat ingin enable ATM BRI melalui kontak CS Online BRI, Nantinya petugas biasanya melakukan verifikasi kepemilikan rekening seperti menanyakan Nama Ibu kandung, tempat dan tanggal lahir serta 16 digit angka di kartu ATM.

Apakah kartu ATM BRI Disable bisa melakukan transaksi ?

Tentu bisa, karena hanya ATM-nya saja yang tidak berfungsi, maka untuk  bertransaksi seperti transfer uang, pembelian dan lainnya dapat dilakukan dari aplikasi Mobile banking BRI, Internet banking ataupun BRImo.

Demikianlah pembahasan tetang penyebab dan beberapa cara mengatasi kartu BRI ATM yang statusnya Disable agar bisa digunakan bertransaksi kembali.

Artikel Terkait