Menghilangkan Iklan Mengganggu di HP Android Caranya Mudah Lho!

Sedang asik browsing di HP Android atau Pas lagi membuka aplikasi ada iklan keluar yang entah darimana asalnya. Pastinya rasa jengkel ada kala iklan mengganggu tersebut selalu keluar tanpa kita tahu penyebabnya. Lalu bagaimana cara mengatasinya supaya tidak muncul lagi, simak ulasannya.

menghapus iklan di HP Android

Iklan memang menjadi ladang uang bagi beberapa pembuat aplikasi, youtuber, owner situs, Jualan online dan lain sebagainya. Namun melakukan spam iklan tanpa ada persetujuan dari penggunanya tentu tidak etis dan pasti banyak yang tidak suka. Selain mengganggu, keluarnya halaman advertising model Pop-up atau meuncul tiba-tiba dan bahkan tidak ada tombol close atau penutupnya menjadi masalah serius bagi pemilik smartphone.

Sebanarnya tidak semua tipe iklan jelek, bahkan para para pengguna smartphone ada yang terbantu dari adanya tawaran halaman iklan yang sesuai minatnya. Namun, tentu adanya para pembuat aplikasi dan situs ‘nakal’ yang ingin menayangkan iklannya dengan sembarangan model Popup, tidak bisa ditutup, membuka banyak halaman dan tipe lainnya yang mengganggu kenyamaan user tentu harus segera diblokir agar tidak muncul lagi.

Baca juga:  Cara Menghubungkan SHAREit Dari Hp Android Ke Laptop

Langsung saja kita simak beberapa cara menghilangkan iklan di HP android tanpa root dan banyak yang berhasil melakukan tips berikut ini.

1. Menghilangkan Iklan di Browser Chrome

Meskipun pihak Google sebagai developer Browser Chrome sudah menerapkan aturan bahwa beberapa tipe iklan melayang yang menutupi halaman, Iklan munculan, tidak ada tombol close sehingga sulit ditutup dan tipe lainnya, namun masih saja beberapa penayang advertising selalu memiliki peluang menayangkannya.

Bila anda merasa terganggu dengan iklan yang selalu muncul menutupi halaman dan sulit dihapus pada google Chrome, cara mengatasinya masuk ke bagian menu yang ada di pojok kanan atas, Lalu pilih Opsi Setelan.

Blokir iklan nakal di chrome

Lanjutkan masuk ke menu Setelan Situs, lalu pilih Opsi Pop-Up dan Pengalihan. Matikan Fitur Pop-up dan pengalihan tersebut bila sebelumnya di Google chrome masih diaktifkan. Fungsinya agar situs yang sedang kita kunjungi iklannya akan diblokir dan kita tetap bisa membacanya.

Blokir iklan popup munculan di chrome

2. Aplikasi Pemblokir Iklan Aplikasi

Hati-hati memilih aplikasi untuk memblokir iklan, karena banyak jenis ads-guard yang malah menimbulkan masalah karena developer-nya juga menyisipkan iklan didalamnya.

Baca juga:  Tips Mengatasi Baterai OPPO Cepat Habis dan Panas

Salah satu aplikasi populer untuk blokir iklan mengganggu di HP Android bernama Adguard Content Blocker. Dimana untuk versi gratisannya bisa digunakan untuk menghalangi munculnya iklan di browser chrome.

Untuk bisa bekerja di beberapa aplikasi lainnya pada HP Android ada pada versi berbayar AdGuard. Kelebihan aplikasi penghalang iklan ini juga bisa bekerja pada mode VPN dan tentunya tanpa proses root sistem.

3. Menghapus Aplikasi Sumber Malware / Virus

Anda juga bisa menghilangkan iklan yang selalu muncul di Android dengan menghapus aplikasi yang menjadi sumbernya.

Cara termudah, coba ingat kapan terakhir kalinya anda menginstall aplikasi tertentu dan setelah itu ada iklan yang muncul tanpa ijin. Silahkan copot / uninstall dan masalah akan selesai.

Jangan lupa untuk restart atau memuat ulang sistem ponsel setelah mencopot aplikasi penyebab iklan muncul. Setelah itu bersihkan cache sistem menggunakan pembersih bawaan ponsel atau unduh aplikasi seperti Ccleaner.

4. Aktifkan Fitur Play Protect

Untuk melindungi ancaman aplikasi yang disusupi malware atau virus di HP Android bisa anda aktifkan fitur Play Protect yang ada di play store.

Baca juga:  Tips Mengatasi Error Fingerprint HP Xiaomi Tidak Fungsi

Selain melindungi adanya aplikasi mengandung virus, fitur ini juga akan selalu melakukan scan atau pemindaian secara berkala terhadap setiap aplikasi yang sudah ada di ponsel kita sehingga bila menemukan ancaman akan diblokir.

Cara mengaktifkan pendeteksi aplikasi berhahaya di HP Android yakni Buka aplikasi Play Store, lalu masuk ke bagian menu bagian pojok kiri atas.

mengaktifkan proteksi aplikasi dari virus

Selanjutnya pilih opsi Play Protect, dan tekan ikon tanda roda gigi di pojok kanan atas. Aktifkan opsi “Pindai ancaman keamanan di perangkat” dan “Tingkatkan deteksi aplikasi berbahaya“. Meski sebenarnya keduanya sudah aktif secara otomatis sejak pertama menginstall play store, namun adakalanya kita lupa kalau otak-atik aplikasi sehingga setelan ini kita matikan.

5. Reset Ulang smartphone

Adapun saat semua opsi diatas tidak mengatasi masalah munculnya iklan mengganggu di HP Android dan kita tidak tahu dimana penyebabnya, bisa memilih opsi Reset sistem.

Kembalikan pegaturan sistem android ke bawaan pabrik supaya semua settingan dan aplikasi yang bukan bawaan ponsel terhapus, termasuk didalamnya iklan pengganggu tersebut.

Itulah beberapa langkah yang bisa dilakukan ketika mengalami masalah iklan mengganggu di sistem, aplikasi maupun browser smartphone android Xiaomi, Samsung, OPPO, Vivo, Huawei dan lain sebagainya, semoga bermanfaat.