Solusi Mengatasi Baterai HP Xiaomi Cepat Drop

Agar xiaomi baterai awet, maka perlu perawatan ekstra karena seperti yang Anda diketahui sebagian smartphone xiaomi memiliki baterai cepat drop semisal di Redmi note, note 2, redmi 4x, Note 5a, 4a dan beberapa tipe lainnya. Nah bagi Anda yang terlanjur membeli smartphone xiaomi tersebut dan ternyata baterainya cepat drop maka beberapa solusi berikut bisa Anda coba.

Agar Xiaomi baterai kuat an tidak drop

Solusi Agar Xiaomi Baterai Awet

Agar xiaomi baterai awet, maka Anda perlu melakukan berbagai hal berikut ini.

  1. Kalibrasi baterai xiaomi

Kalibrasi baterai diperlukan agar baterai bisa seperti awal atau bisa penuh seutuhnya. Cara kalibrasi baterai cukup mudah yaitu dengan mengosongkan baterai hingga nol persen. Jika sudah, baterai dicharger atau diisi dayanya hingga penuh seratus persen dalam keadaan mati. Lalu gunakan lagi baterai hingga habis dan isi lagi dalam keadaan mati.

Dengan melakukan cara tersebut, kemungkinan besar baterai akan lebih awet dari sebelumnya sehingga baterai akan lebih awet dan terhindar dari yang namanya xiaomi baterai kembung.

  1. Menggunakan ROM resmi Xiaomi
Baca juga:  Cara Aktifkan Mode Pengembang Xiaomi Redmi

Bagaimana mengetahui apakah ROM resmi atau tidak? Nah Anda bisa mengetahuinya saat membelinya. Jika Anda ahli di bidang teknologi, Anda juga apsti bisa membedakan apakah rom resmi atau tidak. Untuk menghindari penggunaan rom distributor atau abal-abal bisa dilakukan dengan cara membeli smartphone xiaomi yang asli atau resmi. Jangan membeli lewat distributor tidak resmi. Rom tidak resmi dapat mempercepat masa habis daya baterai.

  1. Mengaktifkan mode auto close aplikasi

Cara agar xiaomi baterai awet selanjutnya yaitu dengan mengaktifkan mode auto close aplikasi. Mode tersebut akan menghemat baterai. Sebenarnya setelah Anda memakai aplikasi dan tidak menutupnya secara penuh maka aplikasi masih bekerja di balik layar. Untuk itulah Anda perlu menutupnya dan membersihkannya. Caranya bisa dengan tutup semua aplikasi.

Anda juga bisa mendownload aplikasi pembersih smartphone agar aplikasi sebelumnya tertutup. Namun aplikasi tersebut juga tidak otomatis. Anda perlu menjalankan terlebih dahulu. Nah agar otomatis maka bisa menggunakan fitur command center. Pengaturannya adalah sebagai berikut.

Baca juga:  Cara Berbagi Internet HP Samsung ke Laptop dengan Kabel Data

Pertama pilih fitur keamanan atau security lalu pilih baterai. Setelah itu pilih profil dan klik bersihkan cache saat perangkat sedang terkunci atau dalam bahasa inggris yaitu clear cache when device locked. Pilih juga waktunya 1 menit atau sesuai kebutuhan Anda. Pilihan lainnya Anda sesuaikan juga dengan keperluan Anda.

  1. Menutup aplikasi dengan tombol back

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, agar xiaomi baterai awet maka aplikasi yang sudah tidak digunakan perlu ditutup. Namun kadang Anda lupa menutupnya, nah dengan memanfaatkan fitur tombol back Anda tidak perlu mengkhawatirkan hal tersebut.

Hanya dengan klik tombol back, aplikasi sudah tertutup sepenuhnya tanpa harus bekerja dua kali dalam menutup. Cara mengaturnya yaitu dengan masuk ke menu pengaturan ataus etting, kemudia memilih setelan tambahan dan klik opsi button. Nanti pada menu tekan lama tombol navigasi, Anda bisa memilih tombol back ke menutup aplikasi. Dengan begitu, saat Anda selesai menggunakan aplikasi, hanya dengan menekan dan menahan tombol back, aplikasi langsung tertutup sepenuhnya.

  1. Menonaktifkan Notifikasi
Baca juga:  Cara Membuka Lupa Pola Sandi HP Meizu

Kadang aplikasi tertentu selalu memberikan notifikasi secara berkala. Hal tersebut tentunya tidak menghemat baterai. Jadi agar xiaomi baterai awet, maka perlu mematikan atau menonaktifkan notifikasi pada aplikasi tertentu.

Nah demikian sedikit solusi mengatasi xiaomi baterai kembung atau xiaomi cepat drop. Sebenarnya masih ada cara lain seperti dengan mematikan fitur GPS atau lokasi, menurunkan kecerahan layar, mengusahakan sinyal stabil, mengurangi penggunaan widget, dan lain sebagainya.

Untuk ulasan lebih lengkap agar xiaomi baterai awet, bisa Anda baca di postingan selanjutnya. Sekian, dan semoga bermanfaat.