Sukses Flash Ulang HP Samsung J1 Ace Bootloop

Pada pembahasan sebelumnya admin sudah memberikan trik bagaimana cara mengatasi Galaxy J1 Ace Samsung yang bootloop atau hanya tampil logonya saja ketika dinyalakan melalui proses recovery reset. Nah, untuk sesi kali ini admin akan mengulsa pengalaman melakukan flashing ulang firmware J1 Ace, dan tentunya sukses serta HP bisa menyala kembali dengan Normal.

Proses flash ulang J1 Ace samsung
Flash Samsung J1 Ace

Meski sudah beredar beberapa tahun, HP Samsung galaxy J1 Ace masih banyak digunakan oleh pecinta android, entah beli dari tangan kedua (HP Bekas) atau memang dari beli sampai sekarang ponsel buatan korea ini masih awet dan baru saja ada trouble bootloop sehingga harus dicari solusinya sebelum memutuskan ke tempat servis.

Yang jadi pertanyaan, bilamana HP Samsung android harus di flash?, apa menunggu kejadian bootloop / bricked dulu baru kita lakukan flashing ulang?

Tentu tidak, melakukan flash tidak meski menunggu trouble karena layar tidak dapat masuk ke menu utama saja saat booting gagal. Di saat tertentu kita peru flash Ulang HP diantaranya ketika ada menu yang hilang di pengaturan, ada beberapa fungsi yang tidak dapat diakses, aplikasi sering macet saat dijalankan, HP Nge-blank atau Hang sehingga layar tidak dapat digerakkan, Ponsel sebentar-sebentar restart sendiri dan beberapa kasus lainnya.

Baca juga:  Cara Membuka Lupa Pola Sandi HP Meizu

Bahkan daripada hanya melakukan reset ulang, pengguna Android lebih suka langsung flashing firmware, potensi mengatasi trouble sistem lebih cepat dilakukan. Kalau yang sudah terbiasa flashing dan faham resikonya pasti lancar mengerjakannya, Nah kalau yang awam soal firmware flashing pastinya bingung, malah kesalahan akan menyebabkan HP Blank dan mati total.

Cara Flash HP Samsung Galaxy J1 Ace J110G

Sebagai catatan, Melakukan flash HP mempunyai resiko ponsel matot (mati total), jadi harap berhati-hati dan pahami dulu resikonya sebelum melakukan prosesnya. Nah, kalau anda sudah siap, silahkan simak proses flash ulang J1 Ace yang bootloop berikut ini:

1. Persiapkan kabel data smartphone, Laptop / Komputer dan juga software pendukungnya.

2. Unduh alat flashing Samsung beserta firmwarenya yang berisi file :

SAMSUNG USB DRIVER VERSI 1.5.5.0, Firmware Samsung Galaxy J1 Ace J110G, Alat flash ODIN V3.10.7 >> Tool + Firmware Flashing

3. Ekstrak ke dalam penyimpanan komputer semua file yang diperlukan

4. Install Driver USB Samsung agar perangkat galaxy J1 terdeteksi

Baca juga:  2 Cara Kembalikan Pengaturan Hp Lenovo Yang Lupa Sandi Atau Pola

5. Saatnya melakukan flashing, Jalankan software Odin di komputer

6. Matikan ponsel, sesudah dalam kondisi Off silahkan tekan tombol Power, Home dan Volume Bawah untuk masuk ke mode Download atau Custom OS

7. Bila sudah tampil halaman Mode Download yang gambarnya robot ijo android, lepaskan tombol dan tancapkan kabel data di laptop ke HP samsung

flash samsung via ODIN
Proses Flash J1 Ace

8. Pastikan di halaman ODIN koneksi Samsung sudah terdeteksi, tandanya ada tulisan ID COM, kalau belum cek koneksinya.

9. Masukkan Firmware / ROM samsung J1 Ace, caranya klik pada tombol AP kemudian cari filenya di tempat anda mengekstraknya tadi

10. Selanjutnya tekan tombol Start untuk memulai proses flash

flash berhasil di HP J1 Ace
Flash finish / berhasil

11. Bila sudah ada tanda berwarna Hijau bertuliskan PASS maka flashing selesai

12. HP Samsung akan restart otomatis, copot kabel data dan tunggu sampai proses sistem menyala ulang untuk mempersiapan tampilan awal.

Dari pengalaman admin, bila tidak ada kerusakan pada IC eMMC, maka pengerjaan flashing ulang kemungkinan besar akan berhasil mengatasi bootloop HP.

Baca juga:  Cara Kembalikan Nokia Android ke Pengaturan Pabrik

Dan bila eMMC-nya Rusak maka harus dilakukan service berupa mengganti IC yang bermasalah, bawa ke service center atau yang sudah ahli mencopot dan pasang IC EMMC.

Loading...