Tips Mengatasi Error Fingerprint HP Xiaomi Tidak Fungsi

Mempunyai smartphone canggih seperti Xiaomi yang memiliki fitur scan sidik jari tentunya merasa nyaman karena keamanannya terjamin, Namun saat tejari scanner Fingerprint tidak bisa berfungsi atau tidak merespon sama sekali saat jari ditempelkan ke pemindai, tentunya menjadi problem yang segera diatasi.

Fingerprint Xiaomi trouble tidak fungsi
Scanner Fingerprint Xiaomi

Meskipun pada umumnya saat ada masalah di fingerprint Xiaomi penggunanya masih dapat membuka kunci layar menggunakan passcode. Dimana kode tersebut dihasilkan pertama kali saat ingin mendaftarkan sidik jari ke sistem dan fungsinya saat kita gagal membuka layar dengan fingerprint maka bisa digunakan opsi lain yakni dengan menginput password.

Banyaknya kasus pengguna HP Xiaomi yang error pada alat pemindai sidik jari alias fingerprint, ada beberapa trik dan tips yang bisa dilakukan untuk memperbaikinya.

Memperbaiki Fingerprint Xiaomi trouble

Jadi sebelum memutuskan untuk membawa ke tempat servis Xiaomi, lebih baik lakukan dulu beberapa tahap memperbaiki trouble Fingerprint di smartphone Xiaomi di bawah ini.

1. Restart dahulu Smartphone

Hal pertama yang meski dilakukan saat terjadi trouble pada menu, settingan HP, aplikasi atau beberapa fitur yang tidak dapat diakses, semisal scan sidik jari yang tidak berfungsi atau sering gagal mengenali sidik jari penggunanya, maka lakukan restart ulang.

Baca juga:  Cara Setting Play Store Tidak Update Aplikasi Otomatis

Restart ulang atau reboot yaitu memuat ulang sistem agar kembali fresh, Matikan dan nyalakan ulang ponsel android kemudian tunggu sampai halaman utama benar-benar loading secara sempurna.

Banyaknya aplikasi yang berjalan dan belum ditutup secara sempurna oleh pengguna smartphone android, bisa membuat beberapa fungsi menu, sistem atau aplikasi gagal melakukan prosesnya, bahkan beberapa script program mengalami crash karena beban RAM dan prosesor yang terlalu sibuk kinerjanya.

2. Bersihkan scanner sidik jari

Yang tidak boleh disepelekan adalah kebersihan dari alat pemindai sidik jari, karena kotoran yang menempel pada sensor fingerprint akan menyebabkan sistem tidak mengenali pola guratan jari.

Bila sensor ada di bagian belakang bodi, bersihkan fingerprint dengan kain atau tissue yang bersih, bila sensor fingerprint tersemat di bagian layar depan pastikan layar besih dan jangan menggunakan pelindung layar yang terlalu tebal.

Pastikan juga kondisi jari tangan anda sudah bersih dan tidak ada guratan atau tempelan lem. Jadi posisi dan kondisi jari yang sudah didaftarkan ke fingerprint Xiaomi haruslah sama dan tidak boleh ada penghalang sedikitpun saat proses pemindaian.

Baca juga:  Membuka Lupa PIN Pola atau Sandi Redmi Note 7

3. Upgrade MIUI ROM versi Terbaru

Developer ROM MIUI pastinya selalu bekerja ekstra untuk menciptakan versi terbaru agar terbebas dari problem dan bug di sistem maupun perangkat di Xiaomi. Dengan versi terbaru maka penggunanya juga dapat menikmati beberapa kelebihan fitur dan merasakan performanya lebih bagus dibanding versi lama.

Jadi cara lain untuk memastikan fingerprint Xiaomi yang bermasalah yakni dengan upgrade versi ROM MIUI dengan yang terbaru dan diharapkan adanya kendala pada pemindai sidik jari bisa diatasi setelahnya.

4. Flash ulang Xiaomi

Bila ketiga cara diatas sudah dicoba namun tetap tidak dapat mengatasi error pada Fingerprint Xiaomi yang gagal fungsi, maka reset dulu ke pegaturan pabrik. Bila reset ulang tidak mempan kemudian lakukan flashing ulang ROM atau Firmware ke ROM Resmi Global stable alias firmware global yang sudah stabil menjadi pilihan terakhir.

Banyak juga beredar ROM Distributor xiaomi yang didalamnya seringkali ada masalah dan bug. Banyak yang mengeluhkan beberapa menu dan fitur yang ada tidak dapat dijalankan dengan normal.

Baca juga:  Mengatasi HP Samsung J1 Ace Hanya Tampil Logo Saja

5. Perbaiki di Service center resmi

Kalau flash ulang Xiaomi sudah dan problem fingerprint masih belum teratasi, maka membawa ke tempat service center resmi Xiaomi adalah paling tepat.

Jangan melakukan servis ke sembarang tukang repair HP bila kondisi ponsel Xiaomi masih dalam masa garansi dan masih bersegel. Bila anda lakukan, maka garansi bisa hangus saat ingin klaim ke service resminya.

Begitulah beberapa cara yang bisa anda coba untuk memperbaiki scanner sidik jari pada HP Xiaomi yang tidak berfungsi, lama mengenali sidik jari, atau beberapa trouble finggerprint lainnya, semoga bermanfaat.