Trik Mengembalikan Foto Terhapus di Android Tanpa Komputer

Mungkin suatu ketika kita tidak sengaja menghapus file Foto yang ada di Hape Android, lalu suatu ketika memerlukan kembali Foto tersebut karena suatu alasan tertentu. Disinilah kehebatan smartphone, dimana tanpa bantuan komputer / PC sudah dapat dipakai mengembalikan file gambar / Foto ter-delete dan bisa disimpan kembali dalam keadaan utuh.

Kembalikan data foto terhapus android
ilustrasi image

Kalau dulu sebelum ada HP android banyak yang menggunakan software recovery di PC untuk memunculkan kembali file dokumen, foto, video dan beberapa file tertentu. Namun sekarang sudah canggih, dengan bekal smartphone android, foto penting yang terhapus dapat dicari dan dikembalikan dengan mudah.

Di play store google, sebagai gudangnya aplikasi android banyak tersedia app recovery foto / video. Namun bagi yang masih awam dan belum pernah menggunakan aplikasi restore file, tentunya hanya akan menebak-nebak mana aplikasi yang bagus dan mudah penggunaannya.

Oleh sebab itu, admin akan memberikan rekomendasi aplikasi yang bagus untuk mengembalikan gambar / foto yang terhapus di memori perangkat atau memori MicroSD HP. Dan kelebihan dari app recovery image ini adalah menunya yang sederhana dan dapat digunakan oleh siapapun tanpa skill khusus, Bahkan ukuran Filenya tidak sampai 2 MB, kecil namun powerfull.

Baca juga:  Cara Masuk Mode Pengembang OPPO Semua Tipe

Langkah Mengembalikan Foto Terhapus Tanpa Komputer

1. Langkah Pertama Install Aplikasi bernama Restore Image di google play store

restore image android

2. Setelah pemasangan selesai, jalankan aplikasinya dan pilih menu “Search the image you want to restore” artinya cari gambar atau foto yang ingin di kembalikan

3. Pilihlah di memori mana anda ingin mencarinya, apakah gambar yang akan dicari ada di Internal atau kartu SD

4. Lanjutkan sampai scan berhenti dan untuk mengetahui hasilnya bisa anda lihat ke folder “RestoreImage

Jadi apapun file image yang ada di memori internal atau eksternal (Kartu SD) dapat direstore, seperti mengembalikan foto WhatsApp terhapus, Foto di Folder DCIM kamera, dan dimanapun berada asalkan masih dalam penyimpanan smartphone tersebut.

Bahkan saat teman anda yang mempunyai memori MicroSD misalnya, ingin mina bantuan memunculkan kembali foto yang sudah lama terhapus meski memori sudah diformat, masih bisa dilakukan dengan aplikasi Restore Image.

Pertanyaan, Mengapa tidak semua file foto bisa dikembalikan 100 Persen ?

Baca juga:  Cara Kembalikan Nokia Android ke Pengaturan Pabrik

Setiap aplikasi Recovery file apalagi yang free alias gratisan umumnya jarang mengembalikan seluruh data yang terhapus karena beberapa sebab, seperti Format Ulang Kartu Memori, file foto terlalu besar ukurannya, dan beberapa sebab lainnya.

Namun setidaknya data image yang kembali sudah diatas 80 persen termasuk bagus, apalagi file yang kita punya dan dulunya terhapus sudah ratusan bahkan bisa mencapai ribuan data. Jadi berhati-hatilah Delete file gambar, karena tidak semuanya bisa dikembalikan dengan utuh.