Cara Melihat dan Unduh Sertifikat Vaksin dari situs PeduliLindungi

Pemerintah Indonesia telah mewajibkan warganya untuk melakukan Vaksinasi demi melindungi dirinya dari paparan Virus Covid yang mewabah diseluruh Dunia. Dengan demikian diharapkan akan tercipta kekebalan kelompok atau Herd Immunity.

Download dan mencetak kartu vaksin

Banyak masyarakat yang tidak tahu cara melihat dan download sertifikat vaksin yang sudah dilakukan. Meskipun Pemerintah sudah menyatakan kalau kartu vaksin tidak menjadi syarat apapun untuk proses administrasi, Namun kenyataannya dilapangan lain, seperti wajib menunjukkan sertifikat vaksinasi saat melakukan perjalanan keluar kota di masa PPKM Darurat.

Apabila sudah mendapat dosis vaksin yang kedua, maka peserta vaksinasi Covid-19 akan mendapat SMS dari 1199 yang isinya Nama peserta, NIK dan Link menuju ke situs PeduliLindungi. Bila Tautan tersebut di klik maka akan diarahkan ke website PeduliLindungi.id

Cara Lihat dan Download Sertifikat Vaksin

Kita bisa mengunduh sertifikat vaksinasi Covid melalui perangkat Smartphone maupun menggunakan Laptop atau PC. Di ponsel selain menggunakan browser, peserta vaksinasi juga bisa langsung menginstall aplikasi PeduliLindungi dari Play Store.

Baca juga:  Cara Mengaktifkan Kunci Layar OPPO A83 Face Unlock

Cek Sertifikat Vaksin di situs PeduliLindungi

Pertama yang harus dilakukan untuk dapat melihat data sertifikasi vaksin secara onlne yaitu harus registrasi untuk membuat akun di Website PeduliLindungi.

Untuk melihat data sertifikat vaksin sehingga nantinya kita dapat menyimpan atau mencetaknya silahkan ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

Membuat akun di Peduli Lindungi

Membuat akun di situs PeduliLindungi bisa melalui aplikasi di smartphone atau langsung menggunakan browser. Begitu juga kita bisa mendaftar menggunakan alamat Email atau nomor telepon yang masih aktif.

  1. Jalankan aplikasi Browser di smartphone semisal Opera, Chrome atau bawaan ponsel
  2. Kemudian ketikkan alamat pedulilindungi.id dan buka
  3. Di halaman beranda pilih opsi Login/register yang ada di pojok sebelah atas
  4. Isi bagian Kolom Nama Lengkap dan Nomor Telepon
  5. Jangan lupa centang syarat dan ketentuan, kemudian tekan tombol Daftar
  6. Tunggu sampai ada SMS masuk berisi kode OTP
  7. Masukkan Kode OTP untuk proses verifikasi

Bila berhasil maka akun akan aktif dan bisa digunakan untuk melihat sekaligus mengunduh data sertifikat vaksin kita.

Baca juga:  Tips Mengatasi Komentar Error di Facebook saat Dibuka

Cek dan Unduh Sertifikat Vaksinasi

Bila sudah melakukan registrasi di PeduliLindungi atau sebelumnya sudah memiliki akun yang aktif, maka untuk mengecek dan Download kartu vaksin bisa melalui cara berikut ini.

  1. Buka browser dan akses alamat situs pedulilindungi.id
  2. Pilih menu Login dan masukkan Nomor telepon
  3. Tekan tombol Masuk dan tunggu data ditampilkan

Meskipun tanpa Login dahulu kita bisa melihat status peserta dalam program vaksinasi, Apakah data kita sudah terinput atau belum di pusat data pemerintah. Di beranda website PeduliLindungi langsung isi Nama dan NIK anda di kolom yang disediakan, Lalu centang “Saya bukan robot” dan tekan tombol Periksa.

Adapun fungsi Login ke akun Peduli Lindungi adalah untuk bisa mendownload dan menyimpan sertifikat vaksin bila diperlukan.

Adapun ukuran sertifikat vaksin bila dicetak yaitu sebesar kartu KTP. Anda tinggal mencetak di mesin printer dengan paper card atau bisa menggunakan kertas foto yang tebal dan melaminasinya supaya awet saat dimasukkan dompet.

Perlu diperhatikan, Jangan sekali-kali mengunggah atau upload screenshot atau data sertifikat vaksin ke media sosial untuk keamanan. Dimana saat ini banyak pihak tertentu yang tidak bertanggungjawab menyalahgunakan data untuk keuntungan pribadi dan kejahatan.

Baca juga:  Mengatasi Game dan Aplikasi Sering Menutup Sendiri / Tidak Respon

Artikel Terkait